FESTIVAL PESONA BUDAYA MINANGKABAU 2016 RESMI DIBUKA

FESTIVAL PESONA BUDAYA MINANGKABAU 2016 RESMI DIBUKA

Berita Utama Bagian Pemberitaan Biro Humas(Biro Humas Sekretariat Pemerintah Provinsi Sumatera Barat) 27 Oktober 2016 19:07:27 WIB


Festival Pesona Budaya Minangkabau 2016 resmi dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia di Istano Basa Pagaruyuang, Kamis (27/10) pagi.

Pembukaan secara resmi itu ditandai dengan pemukulan Gandang tasa oleh Mendikbud, Deputi sebagai Perwakilan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Ketua DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim, dan Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi.

Pemukulan Gandang Tasa kemudian diikuti dengan penyerahan secara simbolis benda cagar budaya Keris Tuanku Manyongsong Alam dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) dan Buku Tali Tigo Sapilin dari Buya Mas'oed Abidin kepada Pemerintah Kabupaten Tanah Datar.

Selanjutnya dilanjutkan dengan Penandatanganan Deklarasi Pelestarian Cagar Budaya bersama oleh seluruh pejabat dan undangan yang hadir, antara lain Mendikbud, Deputi sebagai Perwakilan Menpar, Gubernur Sumbar, Ketua DPRD Sumbar, Jajaran Forkopimda Sumbar, tokoh masyarakat Sumbar Fahmi Idris dan Andrinof Chaniago, Bupati dan Wakil Bupati Tanah Datar, Ketua DPRD Tanah Datar, Jajaran Forkopimda Kab. Tanah Datar, Bupati dan Walikota Kabupaten/Kota se-Sumbar, Rajo Alam Minangkabau, serta tokoh-tokoh Adat Tanah Datar.

Rangkaian kegiatan untuk meramaikan Festival Pesona Budaya Minangkabau 2016 sebelumnya telah digelar sejak tanggal 21 Oktober 2016. Kegiatan tersebut antara lain Festival Silat Gelanggang Silih Berganti yang digelar di Gedung Pertemuan Kec. Limo Kaum (21-22 Oktober 2016), Pacu Kuda di Lapangan Dang Tuanku (23-24 Oktober 2016), Pagaruyung Expo di Lapangan Cindua Mato (25-30 Oktober 2016), dan Pameran Matrilineal dan Festival Randai di Lapangan Cindua Mato (Lapangan Cindua Mato).

Selepas dibuka secara resmi, rangkaian kegiatan yang akan dilangsungkan antara lain Pawai Budaya dan Arakan Jamba dan Pergelaran Seni Minang dan Melayu yang melibatkan delegasi dari Malaysia dan Riau yang digelar di Istano Basa Pagaruyuang (27-28 Oktober 2016).

Hari terakhir, 29 Oktober 2016, penyelenggaraan Festival Budaya akan diisi dengan kegiatan Festival Randai yang diadakan di Lapangan Cindua Mato dan Pacu Jawi yang digelar di Koto Tuo Sungai Tarab. Penutupannya sendiri akan ditaja pada malam hari di Istano Basa Pagaruyuang.