HADIRKAN KREATIVITAS DESAINER MUDA FESTIVAL MINANGKABAU 2015 MERIAH

Pariwisata () 28 Mei 2015 06:04:42 WIB


Padang-Rangkaian alek Festival Minangkabau perdana berlangsung dengan meriah. Kegiatan yang dilangsungkan selama tiga hari, 30 April sampai 2 Mei tersebut berhasil menggali potensi dunia fashion Sumbar.

Kegiatan Minangkabau Festival 2015 dikemas dalam bentuk lomba,peragaan,pameran,bazaar,talkshow dengan rangkaian kegiatan seperti, Young design Competition, peragaan busana pengantin etnik Minangkabau (Kab/Kota) Se-Sumbar, lomba busana pengantin etnik Minangkabau Modifikasi (desainer terkenal), lomba souvenir, lomba randai kreasi, lomba bendi hias, dialog tentang busana, peragaan busana desainer nasional dan sumbar talkshow bersama Cita Joenoes dan pameran kerajinan dan fesyen.

Pada pembukaan, Jumat (1/5) Gubernur Irwan Prayitno berharap Festival Minangkabau mampu menggali potensi desainer muda Sumbar. Selain itu juga diharapkan mampu melahirkan kreativitas dibidang fashion.

Galilah potensi Sumbar ini dalam dunia fashion, sehingga kedepan ada ide-ide kreatif yang patut dibanggakan, “sebut Irwan.

Ketua Dekranasda Sumbar Ny.Devi Irwan Prayitno mengatakan, kegiatan ini memang ditujukan sebagai pelestarian dan inspirasi bagi generasi muda Sumbar.

Dinas Ekonomi Kreatif Sumbar menggandeng Dewan kerajinan Nasional Daerah Sumbar, berusaha mempromosi dan melestarikan kebudayaan melalui ajang tersebut.

“Kita berharap, Iven ini mampu menggairahkan semangat pelaku usaha, mulai dari industry tenun, Songket dan border agar memicu para desainer untuk berimprovisasi mengembangkan industry fashion sesuai perkembangan zaman,” ujar Nevi saat pegelaran tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sumbar, Burhasman Bur mengatakan, acara tersebut mengikutsertakan pelaku usaha dan industri kreatif Sumbar, terutama dibidang fashion.

Kemudian pada penutupan, desainer ternama menampilkan kreativitas di Auditorium Gubernuran Sumbar, Sabtu (2/5).

Tampil diantaranya, penasihat Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia, Musa Widyatmodjo menampilkan desain khas Sumbar, juga ada koleksi dari kami idea, brand busana muslim yang diusung tiga desainer muda Istafiana Candarini, Nadya Karina dan Afina Candarini.

Kemudian Sulaman juga ditampilkan Raizal Rais lewat koleksi busana pria. Sementara Dimas Mahendra menawarkan busana yang lebih glamor, siluet kebaya berbahan lace dengan detail bordir keemasan.

 Sumber : Singgalang