WAGUB PIMPIN APEL GABUNGAN DI KAB. PASAMAN

WAGUB PIMPIN APEL GABUNGAN DI KAB. PASAMAN

Berita Utama Bagian Pemberitaan Biro Humas(Biro Humas Sekretariat Pemerintah Provinsi Sumatera Barat) 17 Oktober 2016 15:40:15 WIB


Disela kunjungan kerjanya ke Kabupaten Pasaman dan Kabupaten Pasaman Barat, Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Barat (Sumbar) Nasrul Abit menyempatkan diri pimpin Apel Gabungan yang diadakan di halaman Kantor Bupati Pasaman, Senin (17/10) pagi.

Apel Gabungan dihadiri oleh Bupati Pasaman, Sekda Kab. Pasaman, Kepala SKPD dan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pasaman.

Wagub membuka arahannya dengan imbauan kepada seluruh ASN di Lingkungan Pemkab Pasaman agar menyambut perubahan Struktur Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan ikhlas dan profesional.

"Dalam rangka OPD baru, saya yakin ada saudara yang was-was, namun saudara jangan pikirkan itu, Kita harus tetap profesional dan ikhlas dalam mengabdi, tidak perlu takut mutasi atau kehilangan jabatan," ujarnya.

Dalam konteks yang sama, Wagub menambahkan bahwa pada prinsipnya seluruh ASN di Lingkungan Pemkab Pasaman adalah pembantu dan pendukung Bupati dalam bekerja membangun dan memajukan Kab. Pasaman.

Sebagai pembantu dan pendukung kinerja, loyalitas dalam bentuk memberikan masukan atau kritik yang baik sesuai dengan ketentuan dan regulasi yang ada melalui cara yang benar alih-alih menarik perhatian pimpinan dengan menerapkan prinsip 'asal bapak senang' adalah hal yang mutlak harus dilakukan.

Selanjutnya, Wagub mendorong seluruh aparatur yang hadir pada Apel Gabungan ini untuk terus tingkatkan pendidikan guna menambah wawasan, pengetahuan, dan kompetensi. Hal ini, menurutnya, selain memberi pengaruh signifikan terhadap kualitas kerja dan mutu pelayanan publik yang diselenggarakan aparat pemerintah, juga akan menunjang karir personal ASN itu sendiri.

Menutup arahannya terkait Perubahan Struktur OPD dan konsekuensinya ini, Wagub menyimpulkan, "Ikhlas bekerja, loyal pada pimpinan, punya kemampuan dan kompetensi yang sesuai, berintegritas, mengerti tugas dan tanggung jawab, ini yang akan menolong saudara. Percayalah, kalau punya ini semua, saudara tidak perlu kasak-kusuk cari pekerjaan atau jabatan, tapi sebaliknya, pekerjaan dan jabatan yang akan memperebutkan saudara." terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wagub juga mengimbau Pemkab Pasaman, khususnya Bappeda Kab. Pasaman, untuk memperkuat koordinasi dengan Badan Pusat Statistik demi tersedianya data statistik daerah yang akurat, faktual, dan aktual sesuai dengan kondisi daerah.

"Komunikasikan seluruh hasil-hasil pembangunan yang telah dilakukan oleh Pemkab kepada orang Statistik agar kondisi, perkembangan, dan kemajuan terkini yang ada di Kab. Pasaman bisa terdata dengan baik.

"Ini penting karena data-data dari Statistik (BPS) adalah rujukan utama dalam menilai perkembangan dan pembangunan sebuah daerah," paparnya.

Usai memimpin Apel Gabungan, Wagub direncanakan bertolak ke Lapangan Bola Kauman, Nagari Tanjung Betung, Kec. Rao Selatan, Kab. Pasaman untuk membuka acara MTQ ke-44 Tingkat Kabupaten Pasaman Tahun 2016.