PRIADI SYUKUR: JANGAN JADI PENONTON DINEGERI SENDIRI

PRIADI SYUKUR: JANGAN JADI PENONTON DINEGERI SENDIRI

Berita Utama () 15 Desember 2015 13:16:11 WIB


PADANG,…Dinas Pemuda dan Olahraga ( Dispora ) Sumatera Barat, bekerja sama dengan Kwartir Daerah ( Kwarda ) 03 Sumbar, gelar Kursus Pengelola Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega ( KPDK ) Tahun 2015 dari tanggal 14 sampai 18 Desember.

Kegiatan itu secara resmi dibuka Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar, H. Priadi Syukur, didampingi Sekretaris Dispora Ely Ditra, Senin 15/ 12 malam di Rasaki Hotel, jalan By Pas Padang.

Dalam sambutannya Priadi Syukur mengatakan, pramuka merupakan salah satu organisasi kepanduan yang dapat membentuk pemuda menjadi mandiri dan berkarakter. Gerakan pramuka juga dapat menjadikan pemuda memiliki daya saing dalam berbagai hal, seperti dunia usaha, politik, pemerintah, dan Masyarakat Ekonomi Asean ( MEA ) yang tidak lama lagi akan diberlakukan.

Seperti diketahui lanjut Priadi Syukur, MEA yang akan diloncing pada 21 Desember 2015 nanti merupakan pasar bebas yang telah disepakati pemimpin- pemimpin negara ASIA pada KTT 12 Tahun 2007 lalu. dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat ASIA . Secara otomatis orang luar akan masuk menjual produk, jasa dan lain- lainnya secara bebas, begitu juga juga sebaliknya, orang Indonesia juga bebas menjajakan keahliannya di Negara yang ada dikawasan ASIA.

“Dengan adanya MEA, pemuda sebagai penopang kelanjutan masa depan bangsa, sudah selayaknya memiliki kecakapan dalam segala hal. Sehingga bangsa tidak bisa diotak- atik oleh orang luar,’’ kata Priadi Syukur.

Kadispora juga sangat setuju dengan kehadiran MEA, dan itu harus di jalani. Tinggal bagaimana pemuda menyiasati, mempersiapkan diri secara matang, membekali diri dengan ilmu , pengalaman, dan keahlian yang dijewantahkan melalui semangat juang dan kerja keras.

“kita jangan jadi penonton di negeri sendiri. Kita harus mempersiapkan diri dari sekarang, agar dalam persaingan kita tidak tersingkir dari pelaku- pelaku MEA lainnya,” ungkap Priadi Syukur..

Ia berharap dengan Adanya Kursus Pengelola Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pandega ini bisa membuat unsur pramuka Sumbar tidak tertinggal dalam menyikapi berbagai persoalan yang ada di masyarakat.

Sedangkan Ketua Pelaksana Kegiatan, Erdison Bagindo Kayo menjelaskan, kegiatan ini diikuti oleh 40 orang peserta, dari Anggota Dewan Kerja Penegak dan Pandega utusan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka se- Sumbar

Narasumber yang diundang dalam kegiatan ini adalah berasal dari unsur Dispora Sumbar, Kwarda 03 Sumbar, Korem 032 Wirabraja, dan BNNP Provinsi Sumbar. ( MUL )