GUBERNUR JAMU ROMBONGAN PELAJAR NEGERI SEMBILAN

Berita Utama () 29 Mei 2014 11:34:25 WIB


  PADANG,...Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno jamu rombongan pelajar Negeri Sembilan Malaysia Rabu malam 28/ 5/ 2014 di Gubernuran jalan sudirman Padang.

Hadir Kadispora Sumbar Priadi Syukur, Kadis Pendidikan Kota Padang Indang Dewata, Kadis Pendidikan Sumbar diwakili (Kabid) Bustavidia, Kepala sekolah SMAN 3 Padang Syahrul, dan pejabat lainnya.

Dalam sambutannya Gubernur mengatakan, kegiatan ini sangat baik untuk dijalani para pelajar, dari kegiatan ini banyak menambah wawasannya, selain itu kegiatan ini juga akan meningkatkan silaturahmi bagi peserta di kedua pihak baik dari Negeri Sembilan ( Malaysia ) maupun Sumatera Barat ( Indonesia ) sendiri.

Lebih dari itu kata Gubernur, silaturahmi akan memperpanjang umur, didalam silaturahmi itu terdapat komunikasi secara langsung antar dua pihak yang membicarakan bermacam hal, masalah, solusi dan juga pasti diselingi tawa, yang ujung- ujungnya akan meringankan beban di pikiran.

Tidak itu saja Gubernur juga mengingatkan, siswa yang pernah menjalani kegiatan ( belajar ) keluar dari daerahnya apalagi antar Negara, akan berbeda wawasan, ilmu serta pengetahuannya dibanding mereka yang tidak pernah menjalani. Seperti apa yang dilakukan Nabi Muhammad, yang mana beliu sering berjalan keluar dari daerahnya selain berdakwah juga bertujuan untuk menambah wawasan, ilmu, serta meningkatkan silaturahmi dengan sesama.

“ Kita berharap kegiatan seperti ini dapat ditingkatkan dan lebih diperbanyak bentuknya, sehingga para pelajar akan dapat termotifasi untuk menambah wawasan, dan ilmu pengetahuannya,’’ urai Irwan Prayitno.

Ketua rombongan diwakili Cik Gu Rita Kamal mengaku, merasa tersanjung dan berterima kasih dengan jamuan yang di berikan Gubernur sumatera Barat. Diakuinya ini merupakan pengalaman pertama disambut oleh Gubernur di luar Negaranya

“ Sambutan ini akan kami jadikan pelecut semangat untuk menimba ilmu, dan Budaya Minang Kabau karena kaedah ( cara ) belajar, pasti berbeda dengan di Malaysia,’’ tutur Rita Kamal.   

Ketua DPD KNPI Sumatera Barat Adib Alfikri menerangkan, Ramah tamah yang dikemas dengan jamuan makan malam ini merupakan rangkaian kegiatan pertukaran pelajar yang digagas DPD KNPI Sumbar dan Majelis Belia Negeri Negeri Sembilan ( MBNNS ) KNPInya Malaysia. ‘’ ini merupakan salah satu kegiatan dari beberapa kegiatan yang telah disepakati kedua pihak melalui MOU,’’ katanya.

Dikatakan Adib, Tahun lalu pelajar Sumatera Barat yang diwakili SMAN 3 Padang juga telah mengunjungi Negeri Sembilan untuk menjalani aktifitas belajar umum dan Adat, imbas baliknya pelajar Negeri Sembilan yang mengunjungi Ranah Minang untuk melakukan hal yang sama.

Ditambahkannya, Rombongan Negeri Sembilan yang berjumlah 18 orang, 15 pelajar, 3 guru ini Selama di Sumatera Barat dari 28 Mei sampai 3 Juni, dalam menjalani kegiatan akan di pandu oleh, DPD KNPI Sumbar bekerja sama dengan pemerintah Provinsi, Kota Padang, Padang Pariaman, Kota Padang Panjang, dan Kota Bukittinggi.

“ Selain belajar rombongan Negeri Sembilan juga akan kita bawa mengunjungi tempat, wisata dan tempat – tempat yang bersejarah di beberapa Kabupaten/ Kota yang ada di Sumatera Barat,’’ urai Adib Alfikri. ( M )