JODOH UNTUK JUHANA, JADI KOLEKSI PERPUSTAKAAN PROVINSI SUMATERA BARAT

JODOH UNTUK JUHANA, JADI KOLEKSI PERPUSTAKAAN PROVINSI SUMATERA BARAT

Berita Utama ROMI ZULFI YANDRA, S.Kom(Dinas Kearsipan dan Perpustakaan) 09 September 2015 10:38:43 WIB


Buku Kumpulan Cerpen Jodoh Untuk Juhana karya Wartawan Singgalang, A.R Rizal kini menjadi koleksi Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat. Buku tersebut yang diterima langsung Kasubid Pengolahan Bahan Pustaka.

Penyerahan buku ini merupakan tindak lanjut pelaksanaan Peraturan Daerah Provinsi Sumbar Nomor 9 Tahun 2014 Tentang Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam. Hal ini sesuai dengan salah satu fungsi perpustakaan sebagai lembaga pelestarian karya cetak dan karya rekam. Buku yang mencerminkan tingkat budaya bangsa dan perpustakaan mengemban fungsi pelestarian dan sekaligus juga fungsi budaya.

Buku Jodoh untuk Juhana diterbitkan oleh penerbit Harian Singgalang. Buku setebal 148 halaman ini berisi 16 cerita pendek yang menggambarkan dinamika sosial budaya masyarakat Minangkabau. Kasubid Pengolahan Bahan Pustaka Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat mengaku sangat antusias dengan penyerahan buku tersebut. “Kita sangat mengapresiasi. Ini bentuk kesadaran dari penerbit. Yang lebih membanggakan sekali, penulisnya sendiri yang menyerahkan buku, “ujar beliau.

Selain menyerahakan buku sebagai pelaksanaan Perda No 9 Tahun 2014, A.R.Rizal juga menyerahkan buku sebagai koleksi Perpusatakaan Provinsi Sumbar. Buku ini nanti akan menjadi koleksi Perpustakaan Provinsi dan bisa dibaca serta dipinjam.

Saat ini, banyak karya cetak dan karya rekam buatan penulis dan kreator dari Sumatera Barat yang menjadi koleksi Perpustakaan Provinsi. Karya-karya tersebut menjadi kekayaan Ranah Minang sekaligus menjadi angin segar tentang kreativitas anak negeri ini yang terus tumbuh.

Sementara itu, A.R.Rizal menyebutkan, Buku Jodoh untuk Juhana adalah karya perdananya. “Ini karya perdana. Insya Allah, menyusul karya-karya berikutnya,” ujar Rizal.

Rizal berharap, Jodoh untuk Juhana mendapat sambutan baik dari pencinta buku, terutama para pencinta satra. Selain sudah menjadi koleksi Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat, buku ini juga bisa didapatkan di toko-toko buku, terutama di Padang dan Sumatera Barat.