TIM SUMBAR NILAI KADER POSYANDU TARATAK BARU

Berita Utama () 15 Mei 2013 10:31:47 WIB


Kader posyandu Koto Nagari Taratak Baru, Kecamatan Tanjung Gadang, Ilma Rosita yang mewakili Kabupaten Sijunjung dalam mengikuti lomba kader posyandu berprestasi pada tahun 2013 ini, berhasil masuk enam besar di tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Guna menentukan terbaik I, II, III dan harapan I, dilakukan penilaian lanjutan (penilaian lapangan) terhadap Ilma Rosita oleh tim Sumbar, Senin (13/5).

Tim yang diketuai Kabid Pemberdayaan Adat dan Sosbudmas Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Hj. Zenita Andriati, beranggotakan empat orang. Yaitu Ny. Nila Tito (TP-PKK), Nelwitis (Dinkes) serta Hendrawati Roza, Hendry dan Azhari (BPM).

Selain para kader posyandu, tokoh dan pemuka masyarakat Nagari Taratak Baru, ketika melakukan penilaian lanjutan, tim Sumbar juga diterima oleh Wakil Bupati Sijunjung, Muchlis Anwar, ketua DPRD Mukhlis.R, sejumlah kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Muspika Tanjung Gadang serta pengurus PKK kabupaten dan kecamatan.

Ketua tim penilai Zenita Andriati mengatakan, penilaian yang dilakukan Senin ini, adalah sebagai tindak lanjut dari temu kader posyandu yang dilaksanakan Sabtu dan Minggu (4-5/5) lalu pada Diklat BPM Provinsi Sumatera Barat.

Dalam temu kader itu, berdasarkan penilaian anggota tim Pokjanal Posyandu Provinsi Sumatera Barat terhadap ekspos dan wawancara, kader Posyandu Koto Nagari Taratak Baru, Ilma Rosita berhasil masuk enam besar.

Guna menetapkan kader posyandu berprestasi terbaik I, II, III dan harapan I pada tahun 2013 ini, perlu dilakukan kunjungan lapangan. Tujuannya adalah untuk melihat langsung aktifitas kader dalam penyelenggaraan pelayanan di posyadu serta sejauh mana manfaat posyandu bagi masyarakat.

Tujuan lain adalah untuk mengetahui dukungan dari dinas, instansi dan lembaga yang tergabung pada Pokjanal Posyandu dalam membina posyandu yang ada di wilayahnya serta reaward apa yang sudah diberikan kepada setiap kader posyandu, jelas  Zenita Andriati.

Sebelumnya Wakil Bupati Muchlis Anwar mengatakan, terpilihnya kader posyandu Koto, Ilma Rosita sebagai wakil Kabupaten Sijunjung untuk mengikuti lomba kader posyandu berprestasi di tingkat Sumbar, karena telah berhasil melewati tahapan penilaian yang dilaksanakan secara berjenjang mulai dari jorong sampai tingkat nagari, kecamatan dan kabupaten.

Disamping itu, keberhasilan yang diraih Ilma Rosita juga tidak terlepas dari dukungan dan pembinaan semua pihak, seperti SKPD terkait, tim terpadu posyandu terintergrasi dengan PAUD dan BKB tingkat Kabupaten Sijunjung dan kecamatan serta Pokja Posyandu Nagari Taratak Baru dan partisipasi semua masyarakat.