DISPORA SUMATERA BARAT GELAR PENATARAN PELATIH YUNIOR

Berita Utama () 31 Agustus 2014 03:23:21 WIB


 PADANG,...Karena minimnya program latihan yang disajikan pelatih pada para atlet, membuat Dinas Pemuda dan Olahraga ( Dispora ) Sumatera Barat melakukan satu upaya untuk mengadakan penataran bagi para pelatih Yunior. Digelarnya penataran ini dipandang sangat berdampak pada peningkatan SDM pelatih, yang secara langsung akan meningkatkan pengetahuan pelatih menjadi teroganisir baik dari segi jadwal, materi, maupun untuk manajemen olahraga berprestasi nantinya.

Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Astronel, SE yang mewakili Kadispora Sumatera Barat pada pembukaan kegiatan Sabtu Malam 30/ 8 di Hotel Bunda Padang mengatakan, penataran ini sangat perlu dilakukan, karena prestasi tidak datang dari atlet saja, tetapi faktor pelatih juga sangat menentukan prestasi tersebut .

Untuk itu lanjut Astronel, bagi para pelatih yang mengikuti penataran ini agar dapat menjalani dengan serius agar perbendaharaan ilmu kepelatihan bertambah, dan yang pastinya para nara sumber yang memberikan materi nanti merupakan orang-orang yang telah menjalani hidup diolahraga mulai sebagai atlet, pelatih dan sebagai pemateri. Intinya mereka adalah orang- orang yang telah memiliki pengetahuan olahraga yang cukup lengkap.

Ditambahkan juga sebagai pelaku olahraga ( pelatih ) hari ini, kita mempunyai tanggung jawab mempertahankan dan meningkatkan prestasi olahraga Sumatera Barat kedepan, apalagi telah diwacanakannya Sumatera Barat sebagai tuan rumah PON 2024 oleh Gubernur Irwan Prayitno.

“ kita berharap para pelatih dapat menjalankan tugasnya untuk menelurkan atlet- atlet handal Tuah Sakato yang mampu mempertahankan dan meningkatkan prestasi olahraga Sumatera Barat dikancah Nasional dan Internasional,’’ harap Astronel.

Ketua pelaksana Kepala Seksi Tenaga Keolahragaan Drs. Admondantes menerangkan, penataran pelatih Yunior ini dilaksanakan dari tanggal 30 Agustus sampai 2 September, dengan jumlah peserta sebanyak 38 orang yang berasal dari pelatih cabang olahraga unggulan pada masing- masing Kabupaten dan Kota se – Sumatera Barat.

Sedangkan narasumber berasal dari Kementrian Pemuda dan Olahraga ( Kemenpora ) RI, Universitas Negeri Padang, Dinas Pemuda dan Olahraga ( Dispora ) Sumatera Barat dan Praktisi Olahraga.

Sementara materi yang akan diberikan antara lain, Kebijakan Dispora Sumbar, manajemen olahraga, peran dan fungsi seorang pelatih, teori dan metodologi kepelatihan, desain program latihan, praktek pembuatan program latihan, pencegahan dan cedera olahraga, talent scouting, team building, fisologi olahraga, psikologi olahraga, latihan kondisi fisik, latihan daya tahan dan kecepatan serta kebijakan olahraga prestasi.

“ selama menjalani penataran para peserta agar dapat mengikuti aturan yang telah dibuat oleh panitia, supaya hasil yang diperoleh nanti maksimal,’’ terang Admondantes.( M )