DISPORA GELAR SELEKSI KAPAL PEMUDA NUSANTARA

Berita Utama () 29 Maret 2014 05:16:08 WIB


  PADANG,…Dinas Pemuda dan Olahraga ( Dispora ), bekerja sama dengan Korps Alumni Kapal Pemuda Nusantara ( KAKPN ) Sumatera Barat, gelar wawancara dari tahapan seleksi ( rekrutmen ) bagi calon peserta Lintas Nusantara Remaja dan Pemuda Bahari ( LNRPB/ KPN ) Jum’at 28/ 3 di kantor Dispora jalan Rasuna Said Padang.

Seleksi itu secara langsung dipimpin Kadispora H. Priadi Syukur, SH, didampingi ketua pelaksana kepala seksi peningkatan wawasan dan kreatifitas pemuda, Dispora Sumatera Barat, Gusty Anola, SH dan penguji lainnya.

Kadispora mengatakan, wawancara sangat menentukan bagi sebuah tahapan seleksi/ rekrutmen untuk menetapkan peserta yang akan diutus mewakili daerah ke sebuah iven atau perlombaan sail dan sejenisnya, karena wawancara tersebut merupakan tahapan akhir sebuah seleksi. Harus diakui dari hasil wawancara peserta akan dapat dinilai mana yang cerdas, berwawasan dan pandai berkomunikasi.

Tidak itu saja tambah Priadi Syukur, tes wawancara tidak akan dapat menipu dan membohongi penilaian seorang penguji, karena secara lahiriah sudah pasti penguji dan peserta akan berinteraksi secara langsung, sehingga apapun bentuk pertanyaan yang dijawab peserta akan langsung masuk penilaian penguji tersebut.

“Kita berharap hasil wawancara ini akan dapat menentukan pemuda yang benar- benar memenuhi syarat, baik penampilan, tata krama, komunikasi, wawasan, dan ilmu pengetahuannya untuk mewakili Sumatera Barat nantinya,’’ kata Priadi Syukur.

Ketua pelaksana Gusty Anola menerangkan, kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan surat kementrian Pemuda dan Olahraga ( Kemenpora ) RI Nomor.38/DI-2/II 2014 tanggal 4 Januari 2014, tentang program kepemudaan lintas nusantara dan pemuda bahari sail Raja Ampat yang akan dilaksanakan tanggal 1 sampai 30 Juni 2014 di Papua Barat.

Sedangkan peserta untuk diseleksi, awalnya direncanakan 45 orang diutamakan dari unsur badan eksekutif mahasiswa ( BEM ), unsur pramuka, resimen mahasiswa dan KSR palang merah Indonesia , namun… tambah Gusti Anola, sampai hari terakhir peserta hanya mendaftar 20 orang saja, 20 orang ini di seleksi dikerucutkan menjadi 12 orang untuk sesi tes pantokir, selanjutnya disaring lagi menjadi 6 orang, 3 putera dan 3 puteri. Dari 6 pemuda yang terpilih itu nantinya hanya dikirim 4 orang dan 2 orang lagi untuk cadangan.

“ pemuda yang terpilih nanti kita pastikan mereka yang benar- benar lengkap pengetahuannya, ‘’ terang Gusty Anola.

Adapun tahapan seleksi yang dijalani yakni, pendaftaran 10 sampai 20 Maret 2014 di Dispora Sumbar, dengan syarat dasar tinggi minimal untuk puteri 155 cm berat 45 kg, dan putera 160 berat 50 kg. Tanggal 23 Maret melaksanakan seleksi dengan materi, tes fisik, dan tes non fisik terdiri dari wawancara serta pantokir.

Sementara tim seleksi berasal dari Dispora, dan Korps alumni Kapal Pemuda Nusantara Sumatera Barat ( M/H )