Rapat Kerja Pendidikan Islam Wagub : Pendidikan Islam Memberikan Konstribusi Pembangunan Nasional

Berita Utama Biro Humas Sekretariat Pemerintah Provinsi Sumatera Barat(Biro Humas Sekretariat Pemerintah Provinsi Sumatera Barat) 28 Mei 2015 08:02:27 WIB


Bukittinggi, Pendidikan Islam memberikan kontribusi yang besar terhadap pembangunan nasional. Dimana pendidikan Islam sebagai dapat dijadikan wahana melaksanakan tugas Negara, mewujudkan masyarakat yang berakhlak mulia dan mewujdkan bangsa yang berdaya saing, kata Muslim Kasim Wakil Gubernur Sumatera Barat.

Oleh Karenanya, ia memberikan apresiasi terhadap kementerian agama karena telah banyak berbuat terhadap kemajuan pendidikan terutama di bidang pendidikan Islam yang dapat menciptakan kader-kader penerus bangsa yang mengedepankan nilai islami, berkualitas, berbudaya dan beradab berdasarkan falsafah pancasila.

“Semoga dapat melahirkan ide-ide dan gagasan untuk pengembangan dan peningkatan mutu pendidikan Islam di sumatera barat yang akan datang” tutur Wakil Gubernur Sumbar Muslim Kasim pada Rapat Kerja Pendidikan Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumateras Barat Tahun 2015 di convention Hotel the Hills Bukittinggi bersama Ka.Kanwil  Kamenag Prov. Sumbar Drs. H. Salman K. Memet, serta Kepala Madrasah dan pengawas di masing-masing Kab/Kota Se Sumbar, Senin (25/5) kemaren.

Salman memberikan apresiasi atas kedatangan Wakil Gubernur Sumbar Muslim Kasim atas kehadirannya dalam acara tersebut yang berlangsung selama 3 (tiga) hari sampai tanggal 27 Mei 2015 mendatang.

Berdasarkan data dari Kementerian Agama Provinsi Sumbar  jumlah lembaga Madrasah/RA sebanyak 1.077 Madrasah, 213 Pondok Pesantren, 1.698 Madrasah Diniyah dan 7.593 Taman Pendidikan Al-Quran dengan jumlah guru Madrasah/RA sebanyak 18.734 yang terdiri dari 6.269 PNS, 12.465 Non PNS dan Guru Ponpes sebanyak 4.664 orang.

Salman menyatakan rapat kerja ini bertujuan untuk mensosialisasikan kebijakan Kementerian Agama RI di bidang pendidikan agama Islam serta sinkronisasi program kegiatan dan kebijakan teknis serta mengidentifikasikan setiap permasalahan di bidang pendidikan Islam di lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi Sumbar.

“dalam pengelolaan Madrasah, keterlibatan Pemerintah Daerah baik provinsi maupun Kab/Kota sangat penting, agar Madrasah dapat berkembang dengan baik sesuai dengan harapan masyarakat”, ucapnya.

(humas sumbar)