MTQ Nasional Tingkat Kota Solok Ajang Membangun Prestasi

Berita Utama () 28 November 2014 07:51:03 WIB


Solok,--- Wakil Gubernur Sumatera Barat Muslim Kasim membuka MTQ Nasional ke-36 Tingkat Kota Solok bertempat di Masjid Agung Al-Muhsinin.

Helat MTQ Nasional Kota Solok tahun ini diselenggarakan selama 4 hari terhitung mulai tanggal 27 s/d 30 November 2014.

 

Dalam Sambutannya, Wakil Gubernur menghimbau kepada semua kafilah, pelatih dan pendamping untuk menjadikan kegiatan MTQ ini sebagai bagian dari peningkatan Ukhuwah Islamiyah, dengan lebih mengedepankan sportivitas dan pengembangan nilai-nilai Al-Quran sebagai pedoman hidup dunia dan akhirat. “Mari kita tempatkan nilai-nilai kemuliaan, kejujuran dan keikhlasan dan menerima setiap keputusan yang ditetapkan Dewan Hakim sebagai bagian dari proses pembinaan dan pengembangan Tilawatil Quran di daerah ini khususnya dan Provinsi Sumatera Barat pada umumnya”. Ungkapnya.

 

Lanjutnya, hasil yang kita inginkan dari penyelenggaraan MTQ ini, dapat mendorong peningkatan kualitas hidup beragama dan bermasyarakat di daerah ini, serta benar-benar menjadi ajang untuk membangun prestasi khalifah MTQ secara berkelanjutan.


Pembukaan MTQ ditandai dengan pemukulan bedug oleh wakil Gubernur Sumatera Barat, Wakil Walikota Solok, Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, dan Ketua LPTQ Kota Solok.


“Musabaqah Tilawatil Quran merupakan kegiatan yang telah mentradisi dan melekat dalam kultur masyarakat dan bangsa kita”

 kata Wakil Walikota Solok H. Zul Elfian Dt. Tianso.


“Bagi Pemerintah dan masyarakat Kota Solok, MTQ ke-36 ini memiliki nilai makna tersendiri sebagai penyejuk dan perekat kebersamaan masyarakat sekaligus menyambut Hari Ulang Tahun Kota Solok yang ke-44 yang akan diperingati kurang lebih 2 minggu lagi“ katanya.

Dalam pelaksanaan MTQ, paling tidak ada tiga hal yang perlu mendapat perhatian bagi kita bersama. Pertama, pelaksanaan MTQ dapat dijadikan media pendorong untuk memperkuat kecintaan kita kepada Al-Quran. Kedua, dengan terlaksananya MTQ ini, dapat pula kita membumikan Al-Quran artinya Al-Quran benar-benar menjadi way of life/pedoman hidup bagi kita semua, dan ketiga, pada pelaksanaan MTQ tahun ini seyogianya dapat pula dijadikan momen untuk mengevaluasi diri mulai dari proses pelaksanaannya, sampai pada hakekat dari MTQ itu sendiri.

 

Sementara dalam laporannya, Ketua Panitia Ir. Hj. Helmiyati menyampaikan bahwa tujuan digelarnya MTQ ini sebagai syiar Islam. Selain itu MTQ ini juga dilaksanakan untuk menyeleksi qori/qoriah dan hafiz/hafizhah terbaik dari seluruh Kelurahan yang nantinya akan diutus mewakili Kota Solok pada MTQ Nasional Tingkat Provinsi Sumatera Barat di Kota Sawahlunto Tahun 2015. Humas Sumbar