Ali Asmar : Ranah & Rantau Kekuatan Luar Biasa Membangun Nagari

Berita Utama () 15 Juli 2014 08:44:29 WIB


Tanah datar,-----Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat Ali Asmar sangat kagum dengan perantau Bungo Tanjung Kecamatan Batipuh Kabupaten Tanah Datar dimana mereka berada persatuannya selalu ada, bahkan persatuan di rantaupun cukup kuat.

“ ranah dan rantau ini sesuatu kekuatan yang sangat luar biasa, dalam membangun nagari di Sumatera barat. Kita sangat mengenal orang minang suka merantau dan selalu ingat kampung halamannya. Ucap Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera barat Ali Asmar Ketika memberikan sambutan pada Safari Ramadhan di Mesjid Nurul Iman Nagari Bungo Tanjung Kecamatan Batipuh Tanah Datar, Senin malam (14/7).

Ditambahkan, membangun nagari kita harus melibatkan semua unsur seperti pemerintah, masyarakat dan swasta apabila unsur ini terlibat pembangunan dan program yang kita buat akan berjalan dengan baik dan cepat.

Dipihak pemerintah sendiri tentu memberikan dorongan dan motivasi bagaimana suatu program dapat berjalan dengan baik, sedangkan dari pihak masyarakat, bagaimana masyarakatnta dapat diberdayakan termasuk perantaunya.

“ jadi buatlah program di suatu nagari dengan mengandalkan kekuatan perantau, swasta serta melibatkan pemerintah, apabila ketiga unsur ini terlibat pasti program itu dapat terlaksana” ujar Ali Asmar.

Lebih lanjut Ali Asmar juga mengajak para perantau untuk selalu memperhatikan kampung halaman sanak kamanakan. “Kalau ada razaki kana kana juolah kampung halaman”.

Sudah menjadi kebiasaan menjelang lebaran para parantau pulang kampung, ada yang pulang basamo dan ada pula yang pulang sendiri-sendiri, kita dari pemerintah daerah menghimbau masyarakat yang akan pulang kampung atau mudik untuk selalu waspada dan berhati hati di jalan raya bagi yang mengendarai mobil dan motor.

Pada kesempatan Safari Ramadhan kita dari provinsi ingin menjalin silaturrahmi antara pemerintah dengan masyarakat, pada kesempatan itu jemaah masjid Nurul Iman Bungo Tanjung juga memberikan pertanyaan dan usulan terkait dengan program pertanian dan pendidikan.

 

Ali Asmar mengatakan, semua program program yang di buat provinsi tujuannya adalah untuk mensejahterakan masyarakat, oleh karenanya masyarakat harus pro aktif melakukan koordinasi dengan pihak dan dinas terkait di daerahnya. Ali Asmar juga menyerahkan bantuan mesjid sebesar 20 juta, 31 jilid Alqur’an dan 20 jilid terjemahan.

Hadir pada kesempatan tersebut, sekretaris daerah Tanah Datar Hardiman, Kadinas Perkebunan Fajaruddin, Kepala Bawasda Provinsi Sumbar Erizal, Kepala Biro Pemerintahan Setda Prov Sumbar Mardi, dan tokoh masyarakat Bungo Tanjung.

Ikut memberikan sambutan Wali Nagari Bungo Tanjung, W Datuk Bagindo dikatakannya, pembangunan yang ada di nagari ini tak terlepas dari pada sentuhan para perantau. Rencana kita di nagari ini juga akan mendirikan pondok Alqur’an.

Sedangkan lanjutan pembangunan Mesjid Nurul Iman adalah perbaiki gubah dan tempat berwuduk, dengan adanya bantuan dari provinsi tentunya kita sangat mengapresiasi sekali, semoga pembangunan ini dapat kita laksanakan, dan kami harapkan pula uluran tangan para perantau, ucapnya.(Humas Sumbar)