Sekdaprov Ali Asmar : Anarkis Bukan Budaya Sumbar

Berita Utama () 15 Juli 2014 08:40:02 WIB


Padang Pariaman,----Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat Ali Asmar, mengingatkan, agar masyarakat di daerah ini tidak berlaku anarkis dalam memberikan dukungan kepada calon presiden-calon wakil presiden masing-masing. Hal tersebut dikarenakan tindakan anarkis, dinilai tidak sesuai dengan budaya adat minang yang ada di daerah ini.

"Masyarakat diharapkan tidak terpancing emosi. Jangan sampai berbuat anarkis, karena itu bukan budaya di daerah ini," kata Ali Asmar, saat melakukan Safari Ramadhan di Kecamatan Padang Sago, Kabupaten Padang Pariaman, Sabtu (12/7)

Masyarakat sumatera barat, katanya, menjunjung sikap demokratis dalam menanggapi permasalahan yang muncul. Dimana permasalahan tersebut diselesaikan dengan kepala dingin bukan emosional. 

"Jangan melupakan kebiasaan baik yang telah lama ada. Jika ada masalah diskusikan untuk mencari solusi, biasa disebut dengan duduak basamo mengambil mufakat dengan musyawarah," ujarnya.

Ia juga menghimbau, agar masyarakat tidak termakan isu-isu yang bertebaran tentang siapa yang akan menjadi presiden, Karena sesuai dengan undang-undang, katanya, yang berhak menyatakan siapa yang akan menjadi Presiden Republik Indonesia, adalah Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Tunggu hingga tanggal 22 Juli setelah dilakukan seluruh penghitungan suara secara manual. Yang memperoleh suara terbanyak, itulah presiden," katanya.

 

Ali Asmar juga tidak menyalahkan, jika ada masyarakat yang memiliki harapan besar agar pasangan capres-cawapres yang didukung menjadi presiden, itu wajar dalam negara demokrasi.

 

Hanya saja, lanjutnya, masyarakat diminta untuk mengingat jika presiden itu untuk seluruh rakyat Indonesia. Bukan milik perorangan, ataupun golongan tertentu saja.

"Siapapun yang menjadi presiden nanti, harus didukung. Karena pada kenyataannya, presiden itulah yang mendapatkan suara terbanyak dari masyarakat," katanya.

Sebelumnya, Safari Ramadhan dilakukan di Masjid Nurul Huda Batu Basa, Kecamatan Padang Sago, Kabupaten Padangpariaman.

Dalam kunjungan tersebut, Sekdaprov yang menjadi ketua tim safari ramadahn dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat,  menyerahkan bantuan dana sebesar Rp 20 Juta, Alqur’an 31 dan Alqur’an terjemahan 20 jilid. Untuk  Masjid Nurul Syuhada Punco Ruyung, Kecamatan Padang Sago, Kabupaten Padangpariaman.

Selain Ali Asmar beserta rombongan dari Pemerintah Provinsi, kegiatan tersebut juga hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Padang Pariaman Jonpriadi, beserta rombongannya. Asisten Administrasi Sudirman Gani, Kadinas Perkebunan Fajaruddin, Kabiro Pembangunan dan Kerjasama Rantau M Yani. Kabiro Umum Asben Hendri.(Humas Sumbar)