KEJURDA SENIOR TINJU DITABUH

Berita Utama () 13 Mei 2014 11:06:18 WIB


  PADANG,…Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sumatera Barat, H. Priadi Syukur, SH secara resmi tabuh Kejuaraan Daerah (Kejurda) Senior Tinju Amatir angkatan I, Senen 12/ 5/ 2014 di GOR Beladiri H Agus Salim Padang.

Dalam sambutannya Priadi Syukur menyatakan, Kita bersyukur telah dapat membuka kejuaraan daerah senior tinju amatir kali ini yang diikuti oleh 17 kabupaten/ kota. Sebab, hasil dari kejuaraan ini akan dipersiapkan untuk memperkuat kontingen Sumbar menuju PON ke-XIX 2016 di Provinsi Jabar mendatang.

Menurutnya, salah satu alasan Dispora memilih cabor tinju untuk melaksankan kejurda karena cabor tersebut merupakan salah satu cabang andalan Sumbar untuk meraih medali emas di PON 2016 nanti. Sebelumnya, pada PON 2012 di Riau, tim tinju Sumbar sukses menyumbangkan dua medali emas, sekaligus mampu mengangkat prestasi olahraga Sumbar pada peringkat 11 nasional.

“Prestasi cemerlang yang diraih tim tinju Sumbar di PON 2012 yang lalu pantas kita berikan apresiasi yang setinggi-tingginya. Karena inilah sejarah pertama kalinya cabor tinju meraih medali emas di PON,” puji Priadi Syukur.

Ketua Umum Pengprov Pertina Sumbar, Togi Paruhum Tobing, mengapresiasi Dispora Sumbar atas perhatian yang diberikan terhadap kemajuan olahraga, kususnya tinju di daerah ini. Sebab selama ini, olahraga tinju sering dipandang sebelah mata oleh sebahagian kalangan.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada Dispora Sumbar yang telah memberikan perhatian yang sangat luar biasa terhadap pembinaan olahraga tinju di Sumbar. Mudah-mudahan dengan dukungan positif ini, kami pengurus Pertina Sumbar akan berusaha lebih keras lagi memberikan prestasi terbaik di PON 2016 mendatang,” urai Togi P. Tobing dengan semangat.

Sementara itu, Panitia pelaksana Rasydi Sumetry menerangkan, kejurda ini dilaksanakan oleh Dispora Sumbar bekerjasama dengan Pengprov PERTINA, yang berlangsung dari tanggal 12 sampai 14 Mei 2014, diikuti 54 atlet putera dan puteri ditambah 17 pelatih, sasana serta pengcab dari 17 kabupaten/kota se Sumatera Barat, minus Kabupaten Sijunjung dan kabupaten Solok Selatan.

Kegitan ini merupakan agenda rutin Dispora Sumbar tiap tahunnya. Untuk kali ini, Dispora Sumbar hanya mampu menggelar kejurda beberapa cabor andalan saja salah satunya tinju, karena keterbatasan dana yang tersedia.

“ bagi juara pada kejurda ini, akan di beri reward berupa bonus, sertifikat dan piagam kepada masing-masing atlet peraih medali emas, perak serta perunggu nantinya,” ungkap Rasydi Sumetry. ( M )