Tingkatkan Partisipasi dan Edukasi Pemilih, KPU Sumbar Gelar Nonton Bareng Film "Tepatilah Janji"

Tingkatkan Partisipasi dan Edukasi Pemilih, KPU Sumbar Gelar Nonton Bareng Film "Tepatilah Janji"

Berita Utama Havina Mirsya \'afra, S. Sos.(DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN STATISTIK) 12 Oktober 2024 10:29:25 WIB


Dalam rangka meningkatkan partisipasi dan mengedukasi pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) November mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat (Sumbar) menggelar nonton bareng film yang berjudul "Tepatilah Janji" di Bioskop CGV Padang, Jumat (11/10/2024).

“Tepatilah Janji” merupakan lanjutan dari film "Kejarlah Janji" yang diproduksi oleh KPU pada masa Pemilihan Umum 2024. Film ini merupakan hasil kerja sama antara KPU RI dengan Garin Nugroho yang melibatkan stakeholder serta KPU kabupaten/kota. 

"Film ini diproduksi oleh KPU RI bekerja sama dengan Garin Nugroho dalam rangka mengedukasi pemilih yang ada di seluruh wilayah Indonesia," ujar Jons Manedi selaku Kepala Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Sumbar.

Jons mengatakan bahwa pesan yang ingin disampaikan melalui film ini adalah mengajak masyarakat menggunakan hak pilihnya dengan memastikan terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Selain itu, dari film ini juga disampaikan pesan untuk mengetahui rekam jejak pasangan calon. Tak lupa, Jons juga mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada 27 November 2024 mendatang.

"Kita berharap film ini bisa mengedukasi pemilih bagaimana tata cara memilih pemimpin yang benar, bagaimana kita menghindari hoax, bagaimana kita terhindar dari hate speech, dan bagaimana kita terhindar dari money politic," harap Jons.

Nonton bareng ini turut dihadiri oleh Komisioner KPU Sumbar, perwakilan Korem 032 Wira Braja, rekan media, ketua dan anggota KPU kabupaten/kota serta partai politik peserta pilkada. (ad/kah/Diskominfotik Sumbar)