Tingkatkan Partisipasi Politik, Kesbangpol Pasaman Gelar Sosialisasi Pemilu Serentak

Berita Utama TITA SHANIA(Badan Kesatuan Bangsa dan Politik) 17 Desember 2018 07:57:33 WIB


Pemerintah daerah (pemda)  terus berupaya menggenjot pasrtisipasi pemilih di pemilihan umum (pemilu) presiden dan wakil presiden serta legislatif 2019 mendatang. Di Pasaman, Kantor Kesbangpol setempat menggelar sosialisasi pemilu serentak di lima daerah pemilihan (dapil) pada Selasa (11/12).

Kepala Kantor Kesbangpol Pasaman, Afridansyah mengatakan kegiatan sosialisasi ini merupakan upaya pemda untuk meningkatkan partisipasi pemilih di pemilu serentak 17 April 2019 mendatang. Sosialisasi digelar di lima dapil yang terdiri dari 12 kecamatan, yang diikuti oleh ninik mamak, alim ulama, bundo kanduang serta unsur pemuda.

Lebih lanjut Afridansyah mengatakan bahwa kegiatan ini juga sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas pendidikan politik bagi masyarakat untuk mewujudkan pemilu yang jujur, adil berdaulat dan berintegritas. Pihaknya juga menghimbau seluruh elemen masyarakat untuk mensukseskan pemilu 2019, sesuai dengan Undang Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. 

Ia juga berharap, masyarakat yang telah mengikuti sosialisasi dimaksud dapat menjadi perpanjangan tangan pemerintah daerah untuk mengajak masyarakat lainnya agar mau menggunakan hak pilihnya dengan baik dan benar. KPU Pasaman menargetkan tingkat partiipasi pemilih pada pemilu 2019 yakni sekitar 77,5. Melalui sosialisasi ini, Kesbangpol Pasaman mengharapkan target tersebut dapat tercapai.