Wagub Sumbar Perkirakan Partisipasi Pemilih Sumbar Meningkat

Berita Utama TITA SHANIA(Badan Kesatuan Bangsa dan Politik) 24 April 2019 12:25:14 WIB


Rabu sore (17/04), Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit memperkirakan jumlah partisIpasi pemilih Sumbar pada Pemilu kali ini meningkat dari pemilu sebelumnya. Hal tersebut dikatakannya berdasarkan hasil tinjauan ke beberapa TPS diantaranya Painan dan Padang.

"Kita perkirakan partisipasi pemilih Sumbar sekitar 80 persen, dibandingkan dengan Pemilu sebelumnya yang hanya 60-70 persen saja" ujar Wagub. Beliau juga sangat mengapresiasi seluruh lapisan masyarakat yang telah menggunakan hak pilihnya.

Kemudian, Nasrul Abit menghimbau kepada seluruh masyarakat Sumbar untuk bersama menjaga keamanan dan ketentaraman selama pelaksanaan Pemilu.

Beliau mengatakan bahwa apapun hasilnya kita semua harus menerima. Yang menang jangan berbangga hati dan yang kalah jangan pula berkecil hati, karena Pemilu ini adalah hasil demokrasi. Beliau juga mengatakan agar masyarakat menjaga kesatuan di Sumbar 

Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar menargetkan partisipasi pemilih dalam pemilu tahun ini sebesar 75 persen, jumlah itu berada di bawah target nasional yakni sebesar 77 persen.

Sebelumnya, diberitahukan bahwa Wagub Sumbar terpaksa memberikan hak suaranya pukul 12.20 WIB di TPS 05 Perumnas Painan Timur, Pesisir Selatan, karena ia dan keluarganya tidak masuk dalam DPT sehingga masuk dalam Daftar Pemilih Khusus (DPK).

Petugas menyangka dirinya sudah pindah ke Padang seiring tugas menjadi wakil gubernur, dan setelah dikonfirmasi, Wagub masuk dalam DPK dan baru bisa  menggunakan hak pilihnya pada pukul 12.20 WIB.

Nasrul Abit datang ke TPS bersama istrinya, Wartawati Nasrul Abit dan dua orang anak mereka yang kompak menggunakan baju warna putih.