Launching dan Sosialisasi Gerakan Wisata Bersih, Maksimalkan Potensi Pantai Jati

Launching dan Sosialisasi Gerakan Wisata Bersih, Maksimalkan Potensi Pantai Jati

Berita Utama Dedi Oscar Adams, M.I.Kom.(DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN STATISTIK) 05 Oktober 2023 19:48:46 WIB


HUT Kepulauan Mentawai ke-24, Audy Joinaldy selaku Wakil Gubernur dan Pemerintah Kabupaten Mentawai adakan Launching dan Gerakan Bersih Pantai, yang berlokasi di Pantai Jati Tua Pejat Kab. Mentawai sebagai upaya meningkatkan pembangunan wisata, Rabu (4/10/23).

Kegiatan ini dihadiri oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Pembangunan Kemasyarakatan dan Sumber Daya Provinsi Sumbar Erinaldi, Ibu Dewi (Bank Sampah Padang), Ketua Perhimpunan dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumbar Rina Pangeran, dan sejumlah Penggerak Wisata se Sumatera Barat dan OPD Kab. Mentawai.

Diketahui bahwa Pantai Jati merupakan salah satu lokasi di Kepulauan Mentawai dengan alam yang indah dan menarik untuk dikunjungi. Akan tetapi, pantai ini  masih belum dikelola dengan maksimal, sehingga perlu dikembangkan lagi baik sektor perekonomian dan Sumber Daya Masyarakat. 

Sejalan dengan pernyataan tersebut, Audy Joinaldy turut menyampaikan pandangannya akan pentingnya menjaga kelestarian pantai. 

“Pantai Jati ini indah dan bagus, tapi bagaimana supaya keindahannya ini dapat menggerakkan ekonomi masyarakat? Dimulai dari membersihkan pantai ini dari sampah,”ucap Audy.

Audy Joinaldy juga berpandangan bahwa banyak turis yang berkunjung ke Mentawai, tetapi 95% di antaranya adalah turis asing. Untuk itu, Pantai Jati ini diharapkan mampu dikelola dengan maksimal untuk dapat menarik turis lokal. 

“Berbeda dengan resort-resort di sana yang cenderung menarik minat turis asing. Pantai Jati ini justru cocok untuk turis lokal, sehingga destinasi wisatanya tidak hanya terkenal di luar tapi juga di kawasan Indonesia”lanjut Audy. 

Luhur Budianda selaku Kepala Dinas Pariwisata Sumatera Barat pun turut menyampaikan bahwa kegiatan Launching Pantai Jati ini telah dilaksanakan melalui beberapa agenda seperti workshop dan sosialisasi wisata bersih, yang diharapkan mampu menyamakan visi dan misi pembangunan wisata Kabupaten Mentawai. 

“Kegiatan ini semoga menjadi trigger dalam percepatan pembangunan wisata di kabupaten mentawai” tutur Budi.

Selepas penyampaian kata sambutan, kegiatan launching Pantai Jati ini dilanjutkan dengan sesi foto bersama dan gerakan aksi bersih pantai. Diketahui bahwa masyarakat sekitar pantai dan karang taruna Pantai Jati ikut serta dalam kegiatan. (sfh/Diskominfotik Sumbar).