Perpustakaan Nasional Menyelenggarakan Sosialisasi Sertifikasi Kompetennsi Pustakawan di Sumatera Barat

Berita Utama ROMI ZULFI YANDRA, S.Kom(Dinas Kearsipan dan Perpustakaan) 28 Juni 2013 01:56:48 WIB


Perpustakaan Nasional RI bekerjasama dengan Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat menyelenggarakan Sosialisasi Sertifikasi Kompetensi Pustakawan se-Sumatera Barat yang diselenggarakan di Hotel The Axana pada tanggal 27 Juni 2013.

Dalam sambutan Kepala Bidang Akreditasi Pustakawan Perpustakaan Nasional, Dra. Lily Suarny, MM menyampaikan bahwa sertifikat ini merupakan pengakuan kepada Pustakawan dalam menguasai suatu kompetensi dalam mengelola pustaka. Untuk itu maka pustakawan harus bersungguh-sungguh menjalankan pekerjaannya dalam pelayanan dan pengelolaan pustaka. Dalam hal ini pustakawan akan diakui kemampuan/kompetensinya dalam perpustakaan. Sertifikasi yang diberikan tidak bersifat komersil yaitu tidak adanya tunjangan yang diberikan untuk sertifikasi ini beda dengan sertifikasi guru yang diterima tunjangannya selama 1 bulan gaji yang diterima oleh guru tersebut.

Dalam waktu dekat ini Lily Suarny menyampaikan bahwa tunjangan pustakawan ini naik dari yang diterima saat ini, sehingga para pustakawan mempunyai tunjangan yang baik dan diharapkan bekerja dengan baik pula serta sungguh-sungguh dalam mengelola dan melayani para pengguna pustaka.

Peserta yang mengikuti sosialisasi ini adalah para Pustakawan Tingkat Ahli dari perguruan tinggi, sekolah, pemerintah daerah kabupaten/kota dan provinsi se-Sumatera Barat dengan jumlah peserta 60 orang.