Satgas BUMN Sumbar dan PMI Kota Padang Gelar Donor Plasma Penyintas Covid-19

Satgas BUMN Sumbar dan PMI Kota Padang Gelar Donor Plasma Penyintas Covid-19

Berita Utama Dedi Oscar Adams, M.I.Kom.(DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN STATISTIK) 08 Februari 2021 19:51:48 WIB


Sebagai salah satu bentuk pelayanan BUMN Provinsi Sumatera Barat terhadap masyarakat di masa pandemi, hari ini, Senin (8/2) Satgas Bencana BUMN Provinsi Sumatera Barat bekerjasama sama dengan PMI Kota Padang melaksanakan kegiatan Donor Plasma Konvalesen yang dilaksanakan secara serentak oleh Kementerian BUMN dalam rangka Gerakan Nasional Donor Plasma Konvalesen.

Dalam sambutannya secara virtual, Menteri BUMN, Erick Tohir, menyampaikan bahwa saat ini ada 1048 pendaftar dari 66 BUMN di 33 Provinsi. Program ini merupakan wujud dukungan Kementerian BUMN untuk program Gerakan Nasional Donor Plasma Konvalesen yang dicetuskan Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin. 

Sementara itu, Wakil Ketua Satgas Bencana BUMN Provinsi Sumatera Barat, Iskandar menyampaikan bahwa dengan dilaksanakannya donor plasma oleh penyintas Covid-19 diharapkan mampu menjadi solusi untuk menangani pandemi di Indonesia.

"Alhamdulillah hari ini ada 2 orang pendonor yang telah lulus seleksi. Amal baik dari para pendonor merupakan amal kemanusiaan yang tidak ternilai. Semoga dengan dimulainya program donor plasma konvalesen bisa menyelematkan penderita Covid-19," ungkapnya.

Selanjutnya, Manajer Kualitas PMI Kota Padang, dr. Maya menyampaikan bahwa saat ini, PMI Kota Padang merupakan salah satu PMI yang mempunyai alat untuk melaksanakan donor plasma dengan metode apheresis. Maya menghimbau agar masyarakat penyintas Covid-19 bisa berpartisipasi dalam kegiatan donor ini.

"Kami membuka selalu kegiatan donor plasma konvalesen ini. Bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi kami persilahkan. Namun tentu harus memenuhi posedur dan persyaratan yang sudah ditetapkan seperti lamanya waktu penyintas sejak dinyatakan negatif tidak boleh lebih dari 2 bulan. Kami sangat mengapresiasi rekan-rekan BUMN di Sumatera Barat yang mengkoordinir para pendonor plasma," ujar Maya.(DOA/MMC)

 

*Siaran Pers Satgas Bencana BUMN Provinsi Sumatera Barat