Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan, Pemkab Pessel Percepat Sebaran Kartu Nelayan

Berita Utama Desi Marlinda(Diskominfo) 08 Mei 2018 09:31:05 WIB


Pesisir Selatan, 7 Mei 2018 - Demi meningkatkan kesejahteraan para nelayan, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) terus memacu realisasi pembagian kartu nelayan. 

Kepala Bidang (Kabid) Tangkap Dinas Perikanan Afriman Julta menyampaikan hingga kini realisasi kartu nelayan telah mencapai 7.000 kartu. 

"Realisasi itu baru sampai pengujung 2017 lalu. Nanti pastinya akan terus bertambah. Karena masih banyak para nelayan kita yang belum terdata," ungkapnya di Painan, Senin (7/5).

Mulai 2018, kartu nelayan bakal ganti nama dengan Kasuka (Kartu Pelaku Usaha Nelayan). Namun, pada prinsipnya sama dengan kartu nelayan.

Untuk itu, lanjut dia, pemerintah daerah kini kembali menginput data-data para nelayan yang ada di daerah ini. Hal itu bertujuan memperbanyak sebaran pemilik Kartu Kasuka.

Bahkan, sepanjang 2018 ini, pihaknya menargetkan bakal ada penambahan  sebanyak 4.500, 18.000 total nelayan yang ada di kabupaten ini.

"Kalau untuk tahun ini, namanya kita ganti dengan Kasuka (Kartu Pelaku Usaha Nelayan)," tutur dia. 

Dengan adanya kepemilikan Kartu Kasuka atau Kartu Nelayan, ia menilai mampu meningkatkan kesejahteraan keluarga salah satu 'pahlawan pangan' itu.

Betapa tidak, anak-anak nelayan bakal dapar prioritas jika ingin memasuki sekolah-sekolah di sektor perikanan seperti Sekolah Perikanan Menengah (SPM).

Tak hanya itu, juga bagi mereka para anak-anak nelayan yang ingin melanjutkan pendidikannya hingga ke Sekolah Tinggi Perikanan (STP). 

"Program ini sejatinya telah berjalan sejak 2011. Hingga nantinya semua nelayan yang ada di daerah ini bisa memiliki kartu tersebut," tutur dia. (14)