Amankan Aksi 212, Polda Sumbar adakan Apel Gabungan di Lapangan Imam Bonjol Padang

Amankan Aksi 212, Polda Sumbar adakan Apel Gabungan di Lapangan Imam Bonjol Padang

Berita Utama Admin Satpol PP(Satuan Polisi Pamong Praja) 29 November 2016 23:05:56 WIB


Satpol PP Sumbar, Padang --- Apel gabungan Pasukan Pengamanan kontijensi dilaksanakan di Lapangan Imam Bonjol Padang untuk mengantisipasi segala bentuk kerawanan keamanan dan ketertiban yang dapat mengganggu ketenangan bagi masyarakat terkait dengan adanya aksi unjuk rasa yang akan dilaksanakan pada tanggal 2 Desember 2016 mendatang.

Pada apel gabungan ini melibatkan unsur TNI, Polri, Satpol PP dan Dinas Perhubungan di Sumatera Barat, Selasa 29/11 pagi di lapangan Imam Bonjol Padang, bertindak selaku pimpinan apel yaitu Kapolda Sumbar Brigjend Pol Drs. Basarudin,SH, MH, dalam amanatnya dengan tujuan melakukan pengecekan kesiapan personil, sarana dan prasarana, penyamaan persepsi dan pemantapan kesiapan jajaran satuan TNI, Polda dan Satpol PP Sumbar serta instansi terkait, agar selalu siap dalam menghadapi segala kemungkinan yang akan terjadi dan siap ditugaskan apabila dibutuhkan. Apel gabungan ini diikuti ± 1.000 orang personil, hadir juga dalam apel tersebut Danrem, Danlanal, Danlanud, unsur Forkompimda, Kasatpol PP, Dinas Perhubungan Sumbar, serta pasukan pemadam kebakaran Kota Padang.

Kapolda Sumbar Brigjend Pol Drs. Basarudin,SH, MH juga mengatakan untuk dapat mewujudkan stabilitas kamtibmas yang mantap dan kondusif di wilayah Sumbar dengan melakukan pendekatan - pendekatan kepada para tokoh masyarakat, tokoh agama maupun seluruh potensi masyarakat yang ada guna terpeliharanya situasi kamtibmas yang kondusif dan demi terciptanya rasa aman di masyarakat serta melindungi hak azasi manusia, agar aksi 2 Desember jangan terjadi sampai di Sumbar.

Terkait dengan amanat Kapolda Sumbar tersebut, saya langsung konfirmasi dengan Kasatpol PP Sumbar tentang padangan atau sikap dari Pol PP Sumbar jelang 2 Desember nanti. Kasatpol PP Sumbar (Nazwir, SH, M. Hum) mengatakan bahwa, “menyikapi aksi demo super damai ini kami mengharapkan pada masyarakat Sumbar yang ikut demo 212 nanti untuk tidak terprovokasi dan tidak berlaku arogan pada saat menyampaikan aspirasi dan tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya aksi kriminalitas, apalagi ada oknum yang memanfaatkan situasi dan selalu tetap menjaga diri masing-masing".

Kami juga mengharapkan pada Pemerintah Sumbar untuk dapat fungsikan intelijen Satpol PP sebagai informasi dan akurasi data jumlah peserta aksi sesuai dengan yang dilaporkan, apalagi pada saat ini ada sekitar 5000 massa dari Sumbar sudah berada di Jakarta untuk mengikuti aksi damai 2 Desember 2016 mendatang yang berangkat sendiri tanpa pendamping, ujar Nazwir.

 

(by Novear)