UPT Padang Hadir Mempermudah Pelayanan Bagi ASN

UPT Padang Hadir Mempermudah Pelayanan Bagi ASN

Berita Utama Bagian Pemberitaan Biro Humas(Biro Humas Sekretariat Pemerintah Provinsi Sumatera Barat) 08 November 2016 21:04:01 WIB


Badan Kepegawaian Negara (BKN) Republik Indonesia resmi mengoperasikan Unit Pelayanan Teknis (UPT) di Provinsi Sumatra Barat untuk mendekatkan pelayanan terutama kepegawaian. UPT BKN Padang menjadi yang keenam yang telah diresmikan dari 7 UPT yang akan diresmikan tahun ini di seluruh Indonesia.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan, ini merupakan upaya Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk mengutamakan pelayanan kepegawaian di Pemerintahan Daerah yang ada di Provinsi Sumatra Barat, sehingga BKN diberikan mandat untuk membangun UPT disemua provinsi yang belum ada kantor regionalnya.

Bima menyebutkan, saat ini BKN memiliki 14 kantor regional seluruh Indonesia, sehingga mesti membangun 20 kantor UPT di provinsi sisanya untuk meningkatkan pelayanan pada instansi pemerintah. "Tahun ini kami sudah meresmikan 5 kantor UPT kepegawaian, dan UPT BKN Padang menjadi yang ke 6 dari 7 UPT yang akan kita resmikan tahun ini, " ujarnya usai meresmikan kantor UPT BKN Padang, Selasa (8/11) di Gedung rohana Kudus.

Ia menambahkan, pelayanan kepegawaian ini yang mengunakan Computer Assisted Test (CAT) tidak hanya untuk rekruitment CPNS, tapi juga dapat untuk hal lainnya seperti ujian dinas, penyesuaian ijazah, bahkan promosi dapat menggunakan CAT. "Jadi ASN yang ada di Sumbar untuk mengurus keperluan kepegawaiannya tidak mesti ke Kantor Regional XII BKN Pekanbaru, tapi sudah bisa dilakukan disini UPT BKN Padang," tuturnya.

Sementara itu, Sekertaris Utama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Usman Gumanti menjelaskan, ini merupakan bentuk kerjasama anatara BKN dengan Pemerintah Provinsi Sumatra Barat dalam bentuk ijin pinjam pakai tanah dan bangunan selama lima tahun terhitung tanggal 14 Juni 2016 sampai dengan 14 Juni 2021. Dengan berlokasi di Gor H Agus Salim Padang.

Tambahnya, UPT BKN Padang ini menyediakan sarana CAT dengan kapasitas 50 unit PC untuk berbagai keperluan kepegawaian. "Jadi PC yang sudah berbasis CAT di UPT ini dapat digunakan untuk pelaksanaan rekrutmen CPNS, seleksi dalam jabatan, seleksi ujian ikatan dinas maupun pemetaan pegawai," ulasnya.

Ditempat yang sama Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno sangat mengapresiasi hadirnya UPT BKN di Sumbar, karena ini menjadi jawaban bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) sehingga setiap urusan kepegawaian dapat diselesaikan disini dan tidak mesti harus ke kantor regional. "Hadir UPT BKN di Padang menjadi solusi ASN dalam menyelesaikan segala urusan, jadi tidak mesti ke regional yang ada di Jakarta maupun Pekanbaru," pungkasnya.