IRWAN PRAYITNO: UNTUK PRESTASI JANGAN MERASA RENDAH DIRI

IRWAN PRAYITNO: UNTUK PRESTASI JANGAN MERASA RENDAH DIRI

Berita Utama () 11 Oktober 2016 18:42:23 WIB


PADANG,…Dimata Tuhan semua manusia adalah sama, namun yang membedakan satu dengan lainnya adalah ilmu, Taqwa, dan Iman mereka, bukan pisik dari manusia tersebut. Pernyataan ini disampaikan Gubernur Sumatera Barat Prof.Dr.H.Irwan Prayitno, P.Si,M.Sc, didampingi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga ( Dispora ) Sumbar H.Priadi Syukur, SH,MH, ketika melepas secara resmi kontingen Pekan Paralympic Nasional ( PEPARNAS ) XV Sumbar, Selasa 11/ 10/ 2016 di Istana Gubernur Sumatera Barat Jalan Sudirman Padang.

Lebih lanjut Gubernur menyampaikan, karena itu para atlet Disabilitas ( Berkebutuhan Khusus ) agar tetap percaya diri untuk menjalani hidup dan khususnya kompetisi olahraga yang akan dihadapi, apalagi iven yang diikuti ini juga dalam rangka memperjuangan nama baik Sumatera Barat dikancah Nasional.

Gubernur juga menuturkan, selain mematangkan persiapan para atlet agar tetap bersyukur kepada Allah, meski kurang dalam pisik, tapi tetap memiliki semangat meraih prestasi. Mungkin ada orang memiliki pisik sehat, tapi dia tidak mempunyai prestasi, maka bisa jadi kita akan lebih baik dari mereka, untuk itu tetaplah percaya diri agar prestasi tersebut dapat digenggam,’’ucapnya.

Apabila lanjut Irwan Prayitno, perasaan kalah sebelum bertanding, dan merasa rendah diri sebelum melawan, sudah pasti rasa itu akan terwujud, sebab secara sikologis mental kita sudah jatuh lebih dulu, sehingga kita tidak akan dapat meraih juara,’’ ungkapnya.

Dikatakan juga, dalam pertandingan yang juara itu sudah ketahuan, sebab dari penampilan, dan semangat, atlet itu sudah terlihat menonjol dari lawannya. Namun kita harus ingat, bahwa penampilan bagus itu tidak muncul sesaat saja, tapi tidak lebih karena proses latihan yang dilakukan serta ditunjang dengan percaya diri atlet itu sendiri,’’ tutur Irwan Prayitno.

“ jadi untuk menang kita harus banyak latihan dan percaya diri, jadilah pemenang, jaga gengsi, jaga prestasi, dan jaga nama baik daerah, semoga pada Peparnas kali ini lebih baik dari yang sebelumnya,’’ harap Irwan Prayitno

Ketua Umum Pengprov National Paralympic Comitee ( NPC ) Syamsul Bahri melaporkan, tujuan dilaksanakannya PEPARNAS adalah untuk memenuhi hak-hak disabilitas diberbagai aspek kehidupan, supaya tidak memandang disabilitas sebagai kaum yang lemah.

Disampaikan juga, bahwa seperti yang diamanatkan dari undang-undang no 8 tentang disabilitas, tentang pemenuhan hak disabilitas salahsatunya pada bidang olahraga untuk dapat diberikan fasilitas, layanan, sarana dan prasarana serta pemberdayaan atlet, melalui PEPARNAS.

“ kita berharap kegiatan ini dapat memutus mata rantai diskriminasi akan termaginalkannya potensi- potensi disabilitas dalam bidang olahraga prestasi, yang mana bila dilakukan pembinaan dengan baik , dan berlatih sungguh- sungguh, juga akan dapat mengharumkan nama daerah dan bangsa umumnya,’’ terang Syamsul.  

Syamsul Bahri juga menerangkan, pada PEPARNAS XV Tahun 2016, yang digelar pada tanggal 12 sampai 24 Oktober di Bandung ( Jabar ), dari 13 cabor pertandingan Sumbar hanya mengikuti 8 cabor, yakni Bulu Tangkis, Bowling, Atletik, Renang, Angkat Berat, Catur, Judo, dan Tenis Meja.

Sementara jumlah kontingen Sumatera Barat pada helatan multi iven nasional 4 Tahunan ini sebanyak 44 orang, terdiri dari atlet, pelatih dan official,’’ tambah Syamsul Bahri.

Sebelumnya peringkat Sumatera Barat pada gelaran PEPARNAS XIV 2012 Riau, menempati urutan 15, dengan perolehan medali 2 Emas, 5 Perak, dan 11 Perunggu. (MUL)