GUBERNUR SUMATERA BARAT IRWAN PRAYITNO MENDAPAT PENGHARGAAN ADHIKARYA PANGAN NUSANTARA (APN)

Prestasi Daerah YANITA SELLY MERISTIKA, S.Kom(Dinas Pangan) 06 Desember 2013 07:54:44 WIB


Kerja keras Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno bersama jajarannya dalam mendukung ketahanan pangan nasional mendapat Apresiasi Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara (APN)dari Presiden RI.

Penghargaan ini merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan presiden. Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menerima penghargaan kategori Pembina Kategori Pembina Ketahanan pangan dari Wakil Presiden pada tanggal 29 November 2013 lalu di Istana Negara, Gubernur Sumatera Barat pada saat penerimaan penghargaan ini diwakilkan kepada Kepala Badan Ketahanan Pangan Provinsi Sumatera Barat (Ir. Efendi, MP).

Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara (APN) istimewa, penghargaan ini diberikan tidak serta merta saja namun harus mengikuti seleksi bersama Gubernur lainnya se-Indonesia yang telah 3 tahun menjabat, karena penilaiannya menyangkut banyak sektor. Di antaranya, tenaga kerja, kehutanan, peternakan, perikanan, kesehatan, sosial, pekebunan, perindustrian dan perdagangan, pertanian dan lain-lain. Karena ruang lingkup penilaiannya banyak, makanya Presiden menganggap ini adalah penghargaan tertinggi karena meliputi seluruh bidang.

Menurut Boediono, penghargaan merupakan wujud pengabdian yang diberikan dalam mendukung kemandirian dan ketahanan pangan. Dalam ketahanan pangan nasional, menurut dia, yang harus dapat terwujud ialah pangan yang terjangkau setiap saat. Pada kesempatan tersebut Menteri Pertanian Suswono menyampaikan alasan pemberian penghargaan APN. "Maksudnya untuk mendorong semangat, kreativitas serta partisipasi masyarakat untuk berperan dalam upaya mewujudkan kedaulatan pangan, kemandirian dan ketahanan pangan,".