GUBERNUR DUKUNG “ TUAH SAKATO FOOTBALL CLUB “

GUBERNUR DUKUNG “ TUAH SAKATO FOOTBALL CLUB “

Berita Utama () 08 September 2016 21:06:53 WIB


PADANG,…Kita sangat mendukung pendirian “Tuah Sakato Football Club”, hal itu disampaikan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, ketika menyambut tim Kerja Irman Gusman Cup, yang diwakili Hardimen Koto, Asril Etek, dan Tria Suprajeni, Kamis 8/ 9 di Gubernuran jalan Sudirman Padang.

Lebih lanjut Irwan Prayitno menyatakan, selama ini kita lihat Sumbar banyak melahirkan pemain, pelatih, dan wasit- wasit hebat, namun belakangan prestasi sepakbola Sumbar menurun dan tidak ada muncul bintang lapangan, begitu juga tim, tidak ada tim Sumbar yang berada dilevel satu dan dua nasional selain Semen Padang FC, termasuk PSP Padang yang kini hanya berada dilevel amatir liga nusantara,’’ tuturnya.

Gubernur meyakinkan, meski dalam mendirikan club sepakbola memakan banyak biaya, namun dengan kerja sama dan dukungan semua pihak akan dapat dijalani. Upaya itu bisa dengan merangkul perantau minang yang sudah sukses, agar mereka dapat memberi dungan secara moril dan materi,’’ ungkap Irwan Prayitno.

“ kita yakin dengan dukungan semua pihak Tuah Sakato Footbal Club akan dapat berdiri dengan baik, apalagi pendiri club ini dihuni orang- orang yang sudah matang di dunia sepak bola, dan semoga pendirian ini juga kebangkitan sepakbola Sumbar nantinya,’’ tambah Irwan Prayitno.

Sedangkan perwakilan tim kerja Irman Gusman Cup Hardimen Koto menerangkan, selain dukungan, pertemuan ini juga membahas tentang pembinaan dan prestasi sepakbola Sumbar kedepannya. Sementara pendirian Tuah Sakato Football club merupakan lanjutan pembinaan atlet sepakbola usia dini yang telah terseleksi melalui Irman Gusman Cup.

Dikatakan juga, berdirinya Tuah Sakato Footbal Club sebagai wadah kelanjutan Irman Gusman I, yang merupakan turnamen kolosal dengan peserta 154 kecamatan, 18 kota dan kabupaten, 4200 pemain dan 1200 ofisial, dengan melakoni 280 pertandingan selama 3,5 bulan, sepakbola Sumbar akan dapat bergairah dan melahirkan pesepak bola handal untuk prestasi Tuah Sakato nantinya,’’ urai Hardimen.

“ kita yakin berdirinya Tuah Sakato Footbal Club sebagai wadah menggodok talenta- talenta muda , sepakbola Sumbar akan mampu berbicara dilevel nasional, dan itu akan kita ujudkan pada Pekan Olahraga Nasional ( PON ) XX Tahun 2020 di Papua nanti, tim sepakbola Sumbar siap berlaga di iven terbesar nasional tersebut,’’ terang Hardimen.

Dalam sambutan itu Gubernur juga didampingi Kadispora Sumbar Priadi Syukur, serta turut dihadiri Ketua Koni Sumbar, S. Budi Syukur, Sekum PSSI Indra Dupa dan pejabat lainnya. ( MUL )