GUBERNUR URUNG BUKA POPDA SUMBAR 2014

Berita Utama () 26 Mei 2014 14:14:05 WIB


  PADANG,... Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno urung membuka secara simbolis Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Kabuapten dan Kota se Sumatera Barat tahun 2014, yang digelar di Gelanggang Remaja Universitas Bung Hatta, Aiepacah Padang, Jumat (23/5) kemarin.

Kadispora Sumbar, Priadi Syukur mewakili Gubernur mengatakan, urungnya Irwan Prayitno membuka ajang multi event olahraga pelajar terakbar di level provinsi itu, disebabkan kesibukan orang nomor satu  di Sumatera Barat ini dalam menerima kedatangan Menteri Komunikasi Informasi (Menkominfo) Tifatul Sembiring serta tamu kehormatan lainnya jelang pembukaan acara Pekan Informasi Nasional (PIN) yang digelar di komplek GOR Agus Salim Padang mulai kemarin.

Dalam sambutannya yang dibacakan Kadispora, Gubernur menyebut Popda sejatinya sarana dalam mengukur pencapaian dalam pembinaan sekaligus ajang seleksi atlet yang akan mewakili Sumatera Barat di ajang Pekan Olahraga pelajar Wilayah ( Popwil) tahun ini di Provinsi Jambi.

Pada Popda tahun ini sebanyak 1031 atlet ambil bagian dari 6 cabang olahraga, pencak silat, basket, bulutangkis, bola voli, tenis lapangan dan tenis meja dengan waktu pelaksanaan dari tanggal 20 hingga 29 Mei mendatang.

“Kegiatan ini merupakan multi event yang menerapkan saranan melihat, mengevaluasi, menyeleksi dan membina atlet pelajar di Sumatera Barat yang nantinya menjadi duta-duta olahraga Tuah Sakato khususnya dari kalangan pelajar,” ujar Priadi.



Sumbar menurut Gubernur merupakan gudang atlet yang sering menjadi bagian dari tim Nasional Indonesia dalam gelaran multi event Asia Tenggara dan Asia seperti SEA Games dan Asian Games. Selain itu Popda juga sarana meningkatkan kualitas sumber daya manusia atlet seluruh daerah di Sumatera Barat.

"Kita harapkan seluruh atlet menampilkan kemampuan maksimal dan menjunjung tinggi sportifitas pada ajang ini sehingga benar-benar terpilih atlet yang memiliki kemampuan yang mumpuni, bukan saja kualitas teknik namun juga berkepribadian," tambah Priadi Syukur.

Pembinaan atlet yang berasal dari kalangan pelajar merupakan usaha Sumatera Barat dalam menciptakan atlet andalan yang bakal diturunkan pada Pekan Olahraga Nasioan (PON) XXI-2024, dimana saat itu Ranah Minang berpotensi sebagai tuan rumah.