Komisi IV Tinjau Pembangunan Embung Salido

Komisi IV Tinjau Pembangunan Embung Salido

Berita Utama DENY SURYANI, S.IP(Sekretariat DPRD Prov. Sumbar) 06 September 2016 10:34:12 WIB


Padang, Set DPRD---Komisi IV DPRD Sumbar, Jum’at (2/9) melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Pesisir Selatan. Kunjungan ini dimaksudkan untuk melihat langsung pembangunan Embung Salido di Nagari Salido Kecamatan IV Jurai. Rombongan Komisi IV ini dipimpin langsung Wakil Ketua Komisi IV DPRD Sumbar Saidal Masfiyuddin, SH. Saidal Masfiyuddin di sela-sela kunjungan kepada wartawan mengatakan, tujuan utama pembangunan embung ini adalah untuk pengendalian banjir dan untuk pemenuhan kebutuhan air masyarakat, terutama masyarakat Nagari Salido.

Selain itu, pembangunan embung ini juga adalah bentuk kepedulian dari DPRD Sumbar terhadap ketersediaan air bagi masyarakat. “Pembangunan embung Salido ini adalah salah satu upaya untuk menyediakan sumber air dan konservasi di daerah Salido. Artinya, keberadaan embung ini nantinya akan dapat menambah sumber air untuk irigasi, cadangan air bersih dan salah satu alternative objek wisata serta kebutuhan masyarakat lainnya,” jelas Saidal Masfiyuddin.

Sementara itu Pejabat PSDA Sumbar Syafril Daus menyebutkan, dengan kapasitas daya tamping embung lebih kurang 485 Meterkubik air, tentunya akan bisa menyuplai irigasi sawah yang ada di Nagari Salido, yang sebelah kanan seluas 43 hektar dan yang di sebelah kiri seluas 13 hektar. “Dana yang telah dialokasikan untuk pembangunan embung ini adalah Rp. 43 Milyar. Selama proses pembangunan yang dilaksanakan sekarang ini sudah menghabiskan dana sebesar Rp. 900 juta lebih kurang,” tutup Syafril Daus.

Pembangunan embung Salido ini dikerjakan oleh PT. Fakta Nusa Cipta, dengan waktu pelaksanaan selama 180 hari kalender. Sumber dana pembangunan berasal dari APBD Sumbar. Sesuai kontrak yang sudah disepakati, ada tiga bulan lebih kurang waktu yang tersisa untuk pembangunan ini. */Publikasi. (dprd.sumbarprov.go.id)