Hujan Deras; Beberapa Mobil Terjebak Akibat Longsor di Agam dan Bukittinggi

Hujan Deras; Beberapa Mobil Terjebak Akibat Longsor di Agam dan Bukittinggi

Berita Utama HERA ARMAN, ST(Badan Penanggulangan Bencana Daerah) 31 Januari 2016 05:22:25 WIB


AGAM - Hujan deras yang terjadi dari sore hari Sabtu 30 Januari 2016 sekitar pukul 17.00 wib, mengakibatkan daerah Agam dan Bukittinggi terlanda banjir akibat luapan dari aliran sungai. Kejadian tersebut disertai angin kencang yang juga mengakibatkan beberapa rumah warga bukittinggi diterbangkan atapnya.

Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Provinsi Sumatera Barat menerima laporan dari daerah pada malam ini 20.00 wib. Menurut laporan dari Yunaldi Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Agam, membenarkan di wilayahnya telah terjadi longsor akibat meluapnya sungai batang Landia dan sungai Jariang Panta di Kecamatan IV Koto. Longsor menutupi akses jalan propinsi yang menghubungkan antara kota Bukittinggi dengan Maninjau, selain itu longsoran juga terjadi di tiga titik yang menutupi akses jalan kabupaten penghubung antara Panta dengan ngarai Sianouk. Dikabarkan beberapa mobil ikut terjebak diantara titik longsoran. BPBD Agam bersama satgas dan masyarakat setempat mengupayakan segera membuka akses jalan yang tertimbun longsoran tersebut. “Pihak dari PU juga telah dihubungi namun agak terlambat dikarenakan faktor jarak”, ujar Yunaldi.

Banjir yang diduga dari luapan sungai dari arah Agam, telah membawa dampak juga ke wilayah Bukittinggi. Menurut Suyerman yang menjabat sebagai Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Bukittinggi menerangkan, luapan air deras berasal dari arah pulau air samping Polsekta menggenangi permukiman warga dengan ketinggian sekitar setengah meter. Petugas telah berada di lokasi dan memantau perkembangan debit air tersebut. Petugas belum memungkinkan untuk mengevakuasi masyarakat dikarenakan hujan mulai berangsur redah saat ini. Meluapnya air tersebut diakibatkan adanya drainase yang kurang berfungsi dengan baik.

Suyerman juga melaporkan sekitar pukul 19.30 wib hujan yang disertai angin kencang tersebut sempat menerbangkan satu atap rumah warga an. Eko yang beralamat di kelurahan Manggis Ganting kecamatan Mandi Angin Koto Selayan, petugas berserta masyarakat setempat telah melakukan pembersihan.

BMKG memprediksi kondisi cuaca Sumatera Barat malam ini hingga esok hari 31/1/16 masih mengalami hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. (gst)