2 Orang Alami Luka dan 20 Mobil Terjebak, Akibat Longsor di Agam

Berita Utama HERA ARMAN, ST(Badan Penanggulangan Bencana Daerah) 31 Januari 2016 07:39:31 WIB


AGAM (30/1/16) - Longsor yang terjadi akibat hujan lebat di Agam mengakibatkan akses jalan di jalan sungai Landia kecamatan IV Koto sepanjang  15 meteran dengan ketinggian 1 meteran tertutup material longsoran.

Longsor tersebut menurut Bambang Warsito, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, menyebabkan sekitar 20 mobil dan truk terjebak diantara tiga titik longsoran hingga saat ini. Sementara jalan alternatif satu-satunya yaitu di Panta Ngarai tepatnya di Sungai Jariang dekat SMA 2 IV Koto juga terjadi longsoran sebanyak tiga titik. Pada kelok 24 dan 25 juga terdapat pohon tumbang dan petugas mengupayakan melakukan pembersihan dan pembukaan akses jalan. Hujan masih mengguyur wilayah itu pada malam ini, imbuh Bambang Warsito melalui Pagar Negara selaku Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Provinsi Sumatera Barat.

Pagar Negara hingga saat ini 30/1/16 masih memonitoring perkembangan kejadian longsor tersebut di Pusdalops PB Sumatera Barat, dan memerintahkan Satgasnya untuk siaga penuh karena tanda-tanda hujan belum nampak reda. Bisa jadi daerah lain akan mengalami kejadian serupa, imbuhnya kepada Satgas Pusdalops. (gst)