PERMINTAN ES BALOK SIKAKAP TERUS MENINGKAT

PERMINTAN ES BALOK SIKAKAP TERUS MENINGKAT

Berita Utama NONONG HANUGRAH, A.Md(Dinas Kelautan dan Perikanan) 21 Januari 2016 18:03:18 WIB


Sikakap (19/01/2016), Kehadiran fasilitas pabrik es balok di UPTD Pelabuhan Perikanan Pantai Sikakap sudah lama dinantikan oleh para nelayan, baik nelayan lokal sikakap maupun nelayan dari luar yang sering singgah di PPP Sikakap. Pabrik ES UPTD PPP Sikakap telah beropersi sejak bulan November 2015, jadi para nelayan bisa memanfaatkan fasilitas ini dengan mendatangi UPTD PPP Sikakap. Keberadaan pabrik es ini akan sangat membantu para nelayan yang membutuhkan es untuk kebutuhan melaut.

Hingga saat ini, permintaan pabrik es di UPTD PPP Sikakap terus meningkat. Hal ini dilihat dari antusias para nelayan lokal yang setiap hari mendatangi UPTD PPP Sikakap untuk membeli es. Nelayan-nelayan yang akan melaut sore hari biasanya pagi hari sudah berbondong-bondong ke pabrik es untuk membeli es juga bagi para pelaku usaha tidak ketinggalan masuk antrian membeli es balok. Selain itu, keberadaan pabrik es yang sudah diketahui oleh banyak kapal yang singgah di UPTD PPP Sikakap menyebabkan permintaan es balok yang semakin meningkat. Beberapa kapal yang singgah lebih memilih membeli es di sikakap karena di padang antrian begitu banyak. Beberapa kapal seperti bagan, kapal tonda dan pukat yang berasal dari padang, pesisir dan sibolga sudah banyak membeli es di UPTD PPP Sikakap. bahkan, H-1 kapal-kapal ini masuk ke sikakap mereka sudah menghubungi via telephone untuk memesan es balok.

Batu es sangat penting untuk mempertahankan mutu hasil tangkapan. sehingga hasil tangkapan nelayan tetap segar ketika di daratkan. jika hasil tangkapan segar tentunya harga jual ikan di pasar pun tinggi dengan demikian pendapatan nelayan semakin meningkat.

By : Cici Anggara, S.Pi. MP (Staff UPTD PPP Sikakap)