RAPAT PERSIAPAN, IPSI PADANG SIAP TABUH IVEN TERBESAR SILAT

Berita Utama () 13 Desember 2013 07:14:02 WIB


  PADANG,…Keseriusan Ikatan Pencak Silat Indonesia ( IPSI ) Kota Padang di bawah komando Adib alfikri, SE, M.Si Rajo Bandaro, untuk membumikan Silat di Ranah Minang semakin nyata, berbagai iven dan kegiatan untuk membangun kecintaan masyarakat Sumatra Barat terhadap olahraga tradisional Minang Kabau ini terus digelar. Salah satunya, iven terbesar yang akan digelar waktu dekat ini adalah ‘’ Festival Pencak Silat Tradisional dan Pidato Pasambahan Galanggang Silih Baganti ( GSB ) antar Kabupaten/ Kota se- Sumatra Barat ke XI tanggal 19- 22 Desember 2013 di Padang.

Ketua pelaksana, Zulhendri, S,Sos Rajo.Bungsu didampingi Yaldi, A.md Rajo. Panduko, usai rapat persiapan dengan panitia kamis sore 12/ 12 di secretariat IPSI Kota Padang Komplek GOR Agus Salim Padang mengatakan.

Tujuan digelarnya iven ini, untuk mencari bibit baru yang akan dikembangkan menjadi atlet pencak silat Sumatra Barat yang berprestasi dengan landasan moral dan karakter budaya yang kuat, juga memberikan wadah kegiatan kepada generasi muda untuk menyalurkan bakatnya dalam bidang olahraga dan seni bela diri serta pembinaan mental yang berbudi pekerti luhur.

Selain itu lanjut Zulhendri, kegiatan ini juga secara langsung turut berpartifasi aktif membantu pemerintah untuk menggali, mengembangkan serta melestarikan seni budaya bangsa Indonesia dalam mendukung kunjungan wisata.

“ Kita yakin kegiatan ini akan mempu mengangkat prestasi Silat Sumatra Barat di kancah Nasional maupun Internasional, karena itu dukungan semua pihak sangat dibutuhkan agar kegiatan dapat berjalan dengan sukses, ‘’ terang Zul Ismet yang biasa di panggil.

Sekretaris panitia Yaldi menerangkan, Iven ini, untuk pidato Pasambahan adat akan bekerjasama dengan LKAAM Sumatra Barat, sementara untuk kategori Tunggal, Ganda, Regu ( TGR ) akan mempertandingkan nomor, berpasangan putra, 9- 16 Tahun, putra 16 – 25 Tahun, putra 25- 35 Tahun, serta kategori berpasangan putri akan mempertandingkan kelas 9- 16 tahun dan 16- 25 Tahun.

Sedangkan hadiah untuk pemenang di nomor pertandingan masing- masing kategori, akan menerima Piagam ditambah tabanas Rp.3 juta, selain itu pembagian hadiah secara keseluruhan, untuk juara umum I akan mendapat 1 buah mobil Pick UP, dan peringkat II akan menerima Sepeda Motor serta untuk urutan III berhak atas Televisi LCD.

“ Kejuaraan ini bukan saja iven terbesar IPSI tapi juga memberikan hadiah paling besar,’’ ungkap Yaldi. ( MUL )