Tim Penilai Perlombaan Nagari/Kelurahan Sedang Menilai Nagari Peninggahan Kab.Solok

Berita Utama () 10 Mei 2013 10:34:49 WIB



Setelah berhasil menjadi peringkat pertama dari 74 nagari di Kabupaten Solok dalam kategori Nagari Rancak, Nagari Paninggahan mempunyai peluang cukup besar bisa mewakili Sumatera Barat untuk tingkat nasional. Hal itu berdasarkan penilaian yang dilakukan terhadap 8 indikator yang ditetapkan, Nagari Paninggahan ternyata bisa membuktikan dan bisa menjadi pemenangnya.

Bupati Solok yang diwakili oleh Kepala BPM setempat, Drs. H. Khairi Yusri MM dalam sambutannya pada penilaian Nagari Rancak tingkat Sumbar di Nagari Paninggahan, Kecamatan Junjung Siriah, Senin (6/5) mengatakan, keberhasilan yang didapat saat ini merupakan koloborasi masyarakat dan Pemkab Solok dalam mensejahterakan serta membangun Nagari-nagari yang ada di daerah itu.

"Hal ini sudah dapat kita lihat hasilnya melalui berbagai produk unggulan seperti enceng gondok untuk pembuatan kerajinan lapiek pandan serta bawang dan ikan bilih," katanya.

Ditambahkan, Nagari Paninggahan memiliki potensi yang cukup beragam. Di antaranya ikan bilih yang merupakan spesies endemik Danau Singkarak. Mata pencarian penduduk beragam. Ada yang berprofesi sebagai petani ikan (nelayan), pengrajin anyaman, pedagang dan lain sebagainya. Semua itu merupakan bentuk kreatifitas masyarakat, baik secara berkelompok maupun individu.

Sementara itu, Kepala BPM Sumbar, Dr.Suhermanto Raza.SH.MM selaku penaggung jawab tim penilai mengatakan, di samping merasa sangat kagum dengan keindahan Kabupaten Solok khususnya, Nagari Paninggahan yang dekat dengan pinggir danau penuh dengan nuansa kenyamanan. Ia mengharapkan tim penilai dapat menilai dengan objektif, karena menyangkut kemajuan Sumbar dan pembangunan untuk kesejahteraan,

“Jangan dianggap kegiatan ini hanya seremoni saja. Akan tetapi, harus kita maknai untuk kesejahteraan,“ jelasnya.

Sementara itu,  acara penilaian Nagari Rancak tingkat Propinsi Sumbar di Nagari Paninggahan yang berlokasi di halaman Rumah Gadang Muchtar Bina turut dihadiri oleh Ketua TP PKK Kabupaten Solok, Ny. Erlinda Syamsu Rahim, Ketua Tim Penilai Propinsi, Herman Rahman, SH beserta anggota, para SKPD, Muspika serta Walinagari Paninggahan