Rakor BUMdes/BUMNag

Pemerintah () 02 Desember 2014 03:52:51 WIB


Rapat Koordinasi BUMdes/BUMNag dilaksanakan pada hari Senin tanggal 1 Desember 2014 di Ruang rapat BPM Provinsi Sumatera Baratyang mana pembukaannya diwakili oleh Kabid UEM, Herzadi L. Rapat ini diikuti oleh aparatur dari Kab/Kota yaitu Kab. 50 Kota, Kab. Pessel, Kab. Pasbar, Kab. Padang Pariaman, Kab. Agam, Kota Solok dan juga Kota Padang. Tujuan diadakan rakor ini adalah untuk menyamakan persepsi sebagai upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat Nagari/desa dan mendorong pertumbuhan Pendapatan Asli Nagari (PAN) serta mengajak institusi pemberdayaan masyarakat kab/kota untuk membahas dan mengoreksi serta menyempurnakan draft Peraturan Gubernur tentang Badan Usaha Milik Nagari/Desa.

Dalam sambutannya Bapak Herzadi mengatakan bahwa dalam rangka menghadapi pasar bebas Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) Tahun 2015 yang merupakan ajang persaingan dalam mutu dan harga produk diantara Negara ASEAN tentunya kita harus siap untuk menghadapi segala serbuan produk import yang akan membanjiri seluruh pelosok wilayah Indonesia dan janganlah hanya menjadi tamu di negara sendiri dan harus menyiapkan standar mutu produk unggulan kita dari hasil produksi terutama dari usaha ekonomi keluarga yang merupakan andalan dari  masyarakat kecil terutama di Desa.

Lebih lanjut Beliau mengatakan untuk menghadapi hal tersebut perlu disiapkan suatu wadah untuk menampung segala kegiatan berupa usaha baik program yang berasal dari  pemerintah maupun dari usaha masyarakat itu sendiri yang merupakan Pendapatan Asli Nagari kedalam suatu badan yaitu Badan Usaha Milik Nagari/Desa.