Sekda Ali Asmar : Gambir, Harga Jangan Ditentukan Tengkulak

Berita Utama () 22 Juli 2014 03:40:20 WIB


Limapuluh Kota-------Kabupaten Lima Puluh Kota merupakan salah satu daerah di sumatera barat penghasil gambir. Bahkan gambirnya mempunyai kualitas yang sangat bagus yang di ekspor keluar negeri yaitu India.

“ kualitas gambir bagus tapi harganya jangan di tentukan oleh tengkulak, harga jangan melebihi dari keuntungan petani sendiri” Ungkap Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera barat Ali Asmar ketika Safari Ramadhan di Mesjid Nur Hidayah nagari Harau, kabupaten Lima Puluh Kota, Jumat (18/7).

Lebih lanjut disampaikan Ali Asmar, para petani gambir juga harus bisa menahan harga yang sesuai dan setimpal, kalau perlu kita punya suatu strategi pemasaran pula, jadi kita tidak berharap pada satu tengkulak saja.

Jadi harga gambir itu jangan di tentukan oleh tengkulak, pemerintahpun harus punya peran dalam persoalanmasalah harga, ujar Sekda.

Sementara itu, sebentar lagi kita akan menghadapi lebaran, Kita Tahu kebutuhan akan konsumsi daging pasti meningkat. Sekda Ali Asmar juga mengingatkan masyarakat untuk berhati hati membeli daging. Jangan sampai membeli daging yang di campur dengan daging babi.

“ masyarakat tentu harus waspada dan berhati-hati, di lain pihak perlu melakukan pengawasan dengan pihak terkait, jangan masyarakat mengkonsumsi daging yang tidak halal” tegas Ali Asmar.

Usai melakukan sambutan Sekretaris Daerah provinsi sumatera barat yang selaku ketua Tim Safari Ramadhan memberikan bantuan mesjid Nur Hidayah sebesar 20 juta, 31 jilid Alqur’an dan 20 jilid terjemahan.

Hadir pada acara tersebut, kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Barat Ir Fajarudin, Kabiro Umum Setda Prov.Sumbar Asben Hendri, tokoh masyarakat nagari Harau.(Humas Sumbar)