Pemuda Sarjana Penggerak Pembangunan Pedesaan di Sumbar

Berita Utama Sub Bag. Sarana dan Prasarana(Sub Bag. Sarana dan Prasarana) 19 September 2013 03:51:15 WIB


Kita patut senang memberi apresiasi kegiatan Pemuda Sarjana Penggerakkan Pembangunan Pedesaan yang diselenggarakan Oleh Kementrian Pemuda dan Olahraga dalam membangun nilai-nilai kebangsaan dan nasionalisme dikalangan pemuda dengan pertukaran pemuda antara daerah diseluruh Indonesia.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Muslim Kasim ketika acara Penyerahan Pemuda Sarjana Penggerak Pembangan Pedesaan utusan 6 Provinsi di Sumatera Barat, Senin siang ( 16/9). Hadir dalam kesempatan itu Kadis Pemuda dan Olahraga Priadi Syukur,SH, Kepala Kesbang Pol Irvan Khairul Ananda serta Sekda Pemko Solok serta beberapa utusan Pemkab/ko.

Lebih jauh Muslim Kasim menyampaikan, kegiatan PSP3 ini juga memberikan bagi pemuda untuk saling mengenal daerah dan wilayah Indonesia guna menumbuhkan rasa cinta tanah air.  Pemuda Sarjana Penggerak Pembangunan Pendesaan ini juga memberikan ruang bagi pemuda untuk berkarya meningkatkan pengabdian bagi bangsa dan negara  terutama untuk mencerdaskan dan mensejahterakan masyarakat dimana ia berada.

PSP3 merupakan kesempatan pemuda melatih diri menjadi calon pemimpin bangsa untuk masa datang. Ada pemuda kita dari Irian Barat, Gorontalo, Kalimatan Selatan, Bangka Belitung, Banten dan NTB yang akan melaksanakan kegiatan selama 2 tahun. Tentu ini program ini akan bermuara pada penambahan pengetahuan, wawasan dan pengalaman untuk menata kehidupan masyarakat yang lebih baik dimana ia ditempatkan.

Selain program ini tentu memberikan kesempatan pemuda untuk melatih diri, memiliki karakter, berkopetisi serta memiliki daya saing diera globalisasi saat ini, ujarnya.

Wagub juga berharap kepada Pemkab/ko agar memberikan perhatian terhadap keberadaan para sarjana pembangunan, jangan ditempat dirumah yang kurang sehat, baik lingkungan pergaulan maupun yang sehat rumah tinggal. Semua itu agar mereka dapat betah, bersosialisasi dan berkotribusi dalam pembanguanan didaerah.

Kepada rombongan PSP3 yang berjumlah 21 orang ini agar dapat menyesuaikan diri dimanapun berada, sehingga komunikasi dan program-program yang digagas dapat berjalan dengan baik. bangunlah hubungan secara kekeluargaan tentunya semua ini nantinya akan membawa kebaikan dimasa-masa mendatang, harapnya.

Sementara itu Kadispora Priadi Syukur dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa Sumbar juga telah mengirimkan pemuda dan pemudi  sebanyak 21 orang yang dikirim juga di daerah yang sama. Pelaksanaan PSP3 angkatan XXIII tahun 2013 dilakukan selama 2 tahun terhitung sejak bulan September 2013 hingga September 2015.

PSP3 ini di Sumbar akan ditempat pada Kabupaten Padang Pariaman di kecamatan V Koto Kampung Dalam, Kec. Sungai Limau. Pada Kabupaten Solok ditempat dikecamatan X Koto Dibawah, Kubung dan Bukit Sundi.

(Humas Sumbar)