Sosialisasi-Aplikasi-Situs-Portal-www.sumbarprov.go.id

Berita Utama () 19 Juni 2014 06:16:20 WIB


 

Di era keterbukaan informasi keberadaan website suatu daerah sangat diperlukan sekali, hal ini disampaikan oleh Kepala Biro Humas Setda Prov. Sumbar Bapak Irwan. S. Sos. MM dalam sambutannya pada Sosialisasi Aplikasi Situs Portal Resmi Pemerintah Provinsi Sumatera Barat www.sumbarprov.go.id di ruang Rapat Setda Lantai II Kantor Gubernur Sumatera Barat. Lebih lanjut kepala Biro Humas mengatakan bahwa sesuai dengan Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, dimana setiap informasi itu harus disampaikan kepada masyarakat luas, tidak ada lagi informasi yang ditutupi, namun demikian tetap ada informasi yang dikecualikan, dimana informasi yang dikecualikan ini antara lain adalah informasi yang apabila dibuka ke publik mungkin dapat mengancam kesatuan bangsa, seperti masalah pertahanan, masalah intelijen, masalah investasi, masalah bahan galian, masalah hubungan luar negeri dan sebagainya. Disamping itu mantan Asisten Pemerintahan Kabupaten Padang Pariaman ini juga mengatakan bahwa website juga dapat menunjang kemajuan pembangunan daerah, karena melalui website berita tentang pembangunan dapat dipublikasikan, dan masyarakat dapat pula mengakses di seluruh pelosok, baik nasional maupun internasional asalkan ada jaringan internetnya.

Kepala Biro Humas juga menghimbau kepada seluruh kepala SKPD agar selalu meng update berita tentang kegiatan SKPD nya dengan menampilkan data SKPD, baik berupa profile SKPD maupun program dan kegiatan serta anggaran penunjang program SKPD dimaksud. Apabila hal ini telah dilaksanakan maka sebagian dari transparansi pelaksanaan kepemerintahan yang baik (good governance) sudah dapat pula kita laksanakan.

Selanjutnya Kepala Bagian Telematika Biro Humas Setdaprov. Sumbar Drs. Akral. MM sebagai ketua pelaksana Sosialisasi ini mengatakan bahwa manfaat website www.sumbarprov.go.id adalah dapat menampilkan secara interaktif jurnal informasi dan pembangunan daerah serta memaparkan segala informasi mengenai potensi daerah dalam segala aspek kehidupan daerah. Mensosialisasikan kebijakan/program pemerintah dan informasi pemerintah lainnya kepada seluruh masyarakat, dan juga untuk mendapatkan feed back/masukan dari anggota masyarakat dan pelaku bisnis lainnya.

Sosialisasi ini diikuti oleh 42 orang operator website www.sumbarprov.go.id yang ada disetiap SKPD Provinsi Sumatera Barat, sebagai nara sumber Rudi Syafri. S. Kom, M.Kom dan Rio Bayu Sentosa, S.Kom dari Universitas Putra Indonesia (UPI) Padang. By. Akral