Sosialisasi UP2K-PKK bagi Kab/Kota se-Sumbar

Pemerintah () 22 April 2015 06:39:27 WIB


Pelaksanaan Sosialisasi Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga PKK (UP2K-PKK) Tahun 2015 dilaksanakan pada tanggal 21 April 2015 bertempat di Aula Diklat BPM Provinsi Sumatera Barat. Peserta Sosialisasi UP2K-PKK bagi Kabupaten/Kota se-Sumbar Tahun 2015 berjumlah sebanyak 40 orang yang terdiri dari 19 Kab/Kota masing-masing 1 orang dari unsur pemberdayaan masyarakat dan 1 orang dari tim penggerak PKK Kab/Kota serta tim penggerak PKK Provinsi Sumatera Barat. Adapun tujuan penyelenggaraan Sosialisasi UP2K-PKK adalah untuk meningkatkan pemahaman peserta tentang pengelolaan dan pengembangan usaha ekonomi keluarga. Meningkatkan kemampuan dan kualitas kerja TP-PKK dan kader dalam melaksanakan kegiatan usaha ekonomi keluarga yang dilakukan. Meningkatkan pengetahuan dan kemampuan serta keterampilan. Menumbuhkan kelompok-kelompok usaha ekonomi masyarakat dan atau pra koperasi dalam rangka peningkatan usaha ekonomi keluarga dan masyarakat.

Dalam sambutannya kepala BPM Provinsi Sumatera Barat, Syafrizal Ucok mengatakan bahwa Usaha Ekonomi Masyarakat merupakan suatu strategi alternatif pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan pendapatan masyarakat dengan menggunakan pendekatan berbasis sosial kemasyarakatan dengan dimensi pengembangan tidak hanya meningkatkan keadilan sosial, tetapi juga mencakup pengembangan kemampuan dan keahlian masyarakat dan anggota rumah tangga.

Program UP2K-PKK adalah suatu program pengentasan kemiskinan yang difokuskan pada pengembangan sumber daya manusia yang bertujuan membantu keluarga-keluarga agar mampu mewujudkan kesejahteraan hidup keluarga dan masyarakat yang dapat dilakukan melalui upaya kewirausahaan. Sasaran Program UP2K-PKK adalah keluarga miskin yang berada di nagari/kelurahan rawan sosial dan ekonomi.