Sosialisasi SiMAYA di Dinas Kesehatan Prov. Sumbar

Sosialisasi SiMAYA di Dinas Kesehatan Prov. Sumbar

Berita Utama Indra, S.Kom(Dinas Kesehatan) 22 April 2016 17:37:57 WIB


Kegiatan Sosialisasi dan Latihan Implementasi Administrasi Perkantoran Maya atau siMaya telah dilaksanakan di Aula Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, 22 April 2016 , jam 14.00. Acara ini diikuti oleh seluruh pejabat esselon III, IV dan beberapa orang staf. Acara ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kesehatan, yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Kesehatan  (Safwan, SKM, MKes). Kepala Dinas Kesehatan mengharapkan seluruh pejabat esselon III dan IV dapat mengoperasionalkan aplikasi Simaya sesuai dengan instruksi bapak Gubernur Provinsi Sumatera Barat. Penerapan aplikasi ini merupakan keharusan di setiap SKPD Pemprov Sumbar, hal ini bertujuan untuk mempercepat proses adminsitrasi perkantoran di era digital. Sehingga tidak ada alasan waktu, ketidakhadiran pimpinan dalam hal tindak lanjut setiap surat/proses administrasi perkantoran pada setiap waktu.


Narasumber pada acara ini adalah Drs. Akral, MM (Kepala Bagian Telematika Biro Humas Setda Provinsi Sumbar), beliau mengatakan bahwa “Aplikasi SiMAYA” merupakan tindak lanjut dari PERPRES No.81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2015, maka sesuai dengan kerjasama Kementerian PANRB dengan Kementerian KOMINFO RI telah dilahirkan  Tata Naskah Dinas Elektronik (TNDE). Seluruh pejabat strukrutal diminta untuk dapat mengoprerasionalkan aplikasi siMAYA. Apabila satu tingkat jabatan administraasi tidak dapat menggunakan aplikasi ini maka dikhawatirkan surat/adminstrasi perkantoran tidak akan pernah sampai ke pimpinan selanjutnya.


Selain itu bapak Akral, juga meminta SKPD Dinas Kesehatan menyampaikan informasi kegiatan di lingkungan SKPD Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar, pada website Pemprov dengan situs www.sumbarprov.go.id.

Implementasi penggunaan aplikasi siMAYA disampaikan oleh instruktur: Kahirul Zaman, M.Kom, dan Ran Zalik Hidayat, S.Kom dari tim E-Government Provinsi Sumatera Barat.