KNPI SUMBAR SAMBUT 15 PELAJAR NEGERI SEMBILAN

Berita Utama () 28 Mei 2014 09:58:10 WIB


  PADANG,...Dewan Perwakilan Daerah ( DPD ) Komite Nasional Pemuda Indonesia ( KNPI ) Sumatera Barat, bersama SMA Negeri 3 Padang sambut dan sekaligus serahkan 15 Pelajar dan 3 Guru dari Negeri Sembilan Malaysia pada orang tua angkat serta guru pengajar, Rabu 28/ 5/ 2014 di aula pertemuan SMAN 3.

Ketua DPD KNPI Sumbar Adib Alfikri menyatakan, kedatangan pelajar dan guru pembimbing dari Negeri Sembilan Malaysia ini merupakan, rangkaian kegiatan dari program pertukaran pelajar Sumatera Barat ( Indonesia ) dengan Negeri Sembilan ( Malaysia ) yang di prakasai DPD KNPI Sumbar dan Majelis Belia Negeri Sembilan ( MBNS ) KNPInya Malaysia .

Sebelumnya pada tahun 2013 lalu pelajar Sumatera Barat yang diwakili SMAN 3 Padang juga melakukan hal yang sama mengujungi Negeri Sembilan untuk melakukan kegiatan belajar umum dan belajar budaya di sekolah Negara Malaysia tersebut. ,” kegiatan ini merupakan kilas balik dari kunjungan pelajar kita ( Sumbar ) ke Negeri Sembilan ( Malaysia ) tahun 2013 lalu,’’ kata Adib Alfikri.

Dikatakan juga DPD KNPI Sumbar dan MBNS Negeri Sembilan telah sepakat melakukan kerjasama di beberapa bidang, seperti Pendidikan, Bidang ekonomi ( Bisnis ), tenaga kerja dan lain- lain.

“ kerjasama yang kita lakukan dengan negeri tetangga tersebut memang baru dibidang pendidikan saja , namun kedepan kita berharap kerjasama dibidang lainnya akan direalisasikan juga, meski ketua Organisasi pemuda tertinggi di kedua negara tersebut telah diganti nantinya ,’’ tutur Adib Alfikri.

Ketua rombongan MBNS Puan Mariam mengaku, selama melakukan perjalanan menuju Ranah Minang merasa tidak sabaran ingin sampai dan bertemu dengan orang tua angkatnya, namun setelah sampai di Sumatera Barat kenyataannya sambutan orang tua angkat dan panitia dari KNPI serta SMAN 3 Padang sangat Menyeronokkan ( Menyenangkan ) baginya.

“ Kita sangat berterima kasih pada panitia dari KNPI Sumbar dan SMAN 3 Padang atas sambutan yang diberikan pada rombongan kami ( Negeri Sembilan ),’’ ucap Puan Mariam.

Sedangkan kepala sekolah SMAN 3 H. Syahrul Padang mengatakan, sangat berterima kasih atas program kegiatan yang diadakan KNPI Sumbar, yang mana telah memfasilitasi hubungan kerjasama antar 2 Sekolah yang ada di Sumatera Barat dan Negeri Sembilan, selain mempererat hubungan Ranah Minang dengan Negeri Sembilan, kegiatan ini secara nyata juga telah menepis isu bahwa Indonesia – Malaysia memiliki hubungan yang tidak harmonis.

“ Kita berharap, dari kegiatan ini hubungan ke 2 Negara semakin menjadi erat, dan yang pasti kedepan kegiatan tidak saja pertukaran pelajar saja tetapi hendaknya lebih ditingkatkan lagi kepertukaran guru masing- masing sekolah antar negeri serumpun 2 Negara,’’ ucap Syahrul .

Rombongan Negeri Sembilan, akan berada di Ranah minang dari tanggal 28 Mei sampai 3 Juni, untuk menjalani kegiatan belajar umum dan belajar Adat Minang Kabau, di SMAN 3 Padang, selain itu rombongan tersebut juga akan mengunjungi beberapa Moesium, tempat wisata yang punya nilai sejarah, Perguruan Tinggi yang cukup terkenal dan tempat lainnya yang dianggap penting.  ( M )