Hadiri Pengukuhan DPP Kolaborasi Jurnalis Indonesia, Gubernur Sumbar Harap KJI Jadi Pemersatu Insan Pers

Hadiri Pengukuhan DPP Kolaborasi Jurnalis Indonesia, Gubernur Sumbar Harap KJI Jadi Pemersatu Insan Pers

Berita Utama Dedi Oscar Adams, M.I.Kom.(DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN STATISTIK) 29 Juni 2024 19:48:04 WIB


Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) yang diwakili Kepala Dinas Kominfotik Sumbar Siti Aisyah, menghadiri pengukuhan kepengurusan DPP Kolaborasi Jurnalis Indonesia (KJI) sekaligus kepengurusan DPW KJI Sumbar periode 2024 - 2027, di Aula Youth Center, Padang, Sabtu (29/06/2024).

Dalam pengukuhan yang bertema ‘Perkuat Jiwa Jurnalisme yang peka, kritis, santun dan inovatif’ tersebut, Siti Aisyah mengapresiasi dan menyambut baik kehadiran KJI sebagai organisasi yang membawa  misi dan tujuan yang mulia demi terwujudnya pers nasional yang merdeka, profesional, bermartabat serta terpenuhinya hak publik memperoleh informasi yang tepat, akurat dan benar.

Kehadiran KJI menurut Aisyah sangat penting untuk menjamin bahwa wartawan yang berada di bawah naungan KJI adalah wartawan yang profesional dan benar-benar memahami kode etik jurnalistik. Sehingga wartawan yang tergabung dengan wadah organisasi ini benar-benar wartawan berkompeten dan profesional serta dilindungi oleh undang- undang dan dewan pers.

"Kehadiran KJI hendaknya mengambil peran dalam memberikan edukasi serta pembinaan kepada wartawan sehingga mereka memahami tentang aturan UU Pers dan kode etik jurnalistik, untuk kemudian menyuguhkan dan menyajikan informasi yang cerdas, berisi dan mendidik dalam menyongsong industri disrupsi dan era milenial yang identik dengan sebutan 4.0," ujar Aisyah.

Siti Aisyah juga berharap eksistensi KJI dapat menjadi pemersatu dan perekat mengingat media atau insan pers merupakan mitra pemerintah dan sebagai modal dalam membangun bangsa khususnya daerah Provinsi Sumatera Barat, melalui pemberitaan pembangunan yang bersinergi dengan pemerintah.

“Sumbang saran dari para tokoh dan insan pers terhadap kebijakan pemerintah, dinilai sangat berharga untuk modal pembangunan bangsa. Karena budaya sumbang saran tersebut diharapkan mampu terus ditumbuh kembangkan secara santun dan bijak demi asa kita bersama membangun negeri dalam mensejahterakan masyarakat,” harap Aisyah.

Pengukuhan DPP KJI yang diketuai oleh Jongguk Maransi Siagian, dilakukan oleh Ketua Badan Kehormatan DPP KJI yang juga mantan Ketua PWI Sumbar Basril Basyar.

Basril Basyar dalam sambutan singkatnya mengajak segenap pengurus KJI di tingkat pusat hingga daerah untuk menjaga profesionalitas, kepribadian serta moral dalam melaksanakan tugas jurnalistik, sesuai dengan kode etik jurnalistik.

Turut hadir dalam pengukuhan DPP KJI, sejumlah pejabat diataranya Polda Sumbar yang diwakili Kabid Humas Polda Sumbar, Walikota Padang yang diwakili pejabat Diskominfo Kota Padang.(doa/Diskominfotik Sumbar)