ISI dan Hipmi Gelar Pameran Desain Visual, Gubernur Sumbar: Model Kolaborasi Terbaik 

ISI dan Hipmi Gelar Pameran Desain Visual, Gubernur Sumbar: Model Kolaborasi Terbaik 

Berita Utama Dedi Oscar Adams, M.I.Kom.(DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN STATISTIK) 17 Juni 2023 09:19:29 WIB


Merespon perkembangan kebutuhan industri kreatif di Sumatera Barat (Sumbar), Prodi DKV Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang melakukan terobosan dengan melaksanakan class collaboration pada mata kuliah keahlian Corporate Identity Design bersama Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Sumbar dengan melakukan perancangan redesign identitas visual 15 perusahaan member Hipmi. 

Hasil perancangan tersebut dipamerkan dalam pameran bertema 'Reborn' dengan tagline 'Regeneration of Visual Identity' bertempat di Fabriek Blok, Jl. Dr. HAMKA, Padang, 16-17 Juni 2023. 

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) diwakili Staf Ahli Gubernur Bidang Pembangunan Kemasyarakatan dan Sumber Daya Erinaldi, mengapresiasi pameran tersebut sebagai model kolaborasi terbaik antara dunia pendidikan, dunia usaha, pemerintah dan stakeholder lainnya. 

"Iven ini menjadi sebuah model kolaborasi yang sangat baik. Ada kampus, pengusaha, pemerintah, media, dan lainnya. Kolaborasi seperti inilah yang sangat diperlukan untuk menyongsong Indonesia Emas 2045," ujar Erinaldi saat membuka pameran. 

"Mahasiswa inilah nanti yang akan menjadi pemimpin dan berperan pada 25 tahun nanti. Karena itulah Kampus, tidak bisa jalan sendiri, harus berkolaborasi. Jika tidak, akan ketinggalan," lanjut Erinaldi. 

Gubernur berharap, Prodi DKV ISI kedepannya lebih berkontribusi terhadap promosi potensi Sumbar, dengan tiga keunggulannya yakni alam, budaya dan kuliner. 

Sebelumnya, Wakil Rektor II ISI Padang Panjang Dr. Nusyirwan menyampaikan bahwa iven pameran ini sebagai upaya unjuk diri mahasiswa yang telah menyelesaikan mata kuliah arau perkuliahan studio. 

"Dengan kolaborasi ini diharapkan membiasakan mahasiswa untuk berkomunikasi dengan klien dan tidak canggung lagi. Apresiasi Hipmi atas fasilitas yang diberikan dan berharap kerjasama ini terus bisa ditingkatkan kedepan," harap Nusyirwan. 

Ketua Hipmi Sumbar Brian Bastara juga menyampaikan harapan serupa. Ia berharap melalui kegiatan ini bisa mengedukasi para pengusaha tentang pentingnya identitas sebuah usaha atau produk. 

Pembukaan pameran secara resmi ditandai dengan pengguntingan pita oleh Gubernur Sumbar dan dilanjutkan dengan melihat 15 galeri yang tertata rapi dengan berbagai kreasi redesain hasil karya mahasiswa Semester IV Prodi DKV IDI Padang Panjang.(doa/Diskominfotik Sumbar)