50 KOTA JUARA UMUM PORPROV SOIna 2014

Berita Utama () 20 April 2014 04:22:33 WIB


  PADANG,…Kabupaten Limapuluh Kota menjadi yang terbaik meraih juara umum I, pada Pekan Olahraga provinsi (Porprov) Special Olympics Indonesia (SOIna) khusus tuna grahita tingkat Sumatera Barat yang digelar di Kota Padang mulai tanggal 16 hingga 18 April kemarin.

Kabupaten yang dikepalai Alis Marajo ini berhasil mengumpulkan nilai tertinggi, 27 poin dan membawa pulang 4 medali emas, 2 perak dan sekeping medali perunggu. Posisi kedua ditempati Kota Padang dengan nilai 22 poin hasil dari 1 keping medali emas, 4 perak dan 5 medali perunggu.

Sementara Kota Bukittinggi keluar sebagai peringkat tiga umum dengan mengoleksi1 emas dan empat medali perunggu dengan nilai 17 poin. Kabupaten Sijunjung harus puas bercokol di urutan keempat dengan 14 poin hasil dari raihan 2 medali emas, 1 perak dan satu perunggu.

Kepala dinas pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumatera Barat, H. Priadi Syukur, SH dalam sesi penutupan, Jumat (18/4) siang di hall bulutangkis asrama Haji, Tabing menyebut secara umum Porprov SOIna tahun ini berlangsung sukses tanpa kendala berarti. Dirinya mengapresasi kinerja panitia serta pengertian masing-masing kontingen serta atlet yang menjunjung sportifitas pada pertandingan yang dilakoninya.

“ Kita salut dengan sportivitas yang ditunjukan atlet, meski mereka mempunyai keterbatasan pisik dan kemampuan namun itu tidak menghilangkan semangat dan jiwa besar mereka untuk menjalani pertandingan. Kita harus banyak belajar dari mereka,” sebut Kadispora.

Selain itu menurut Priadi Syukur, nantinya kepada atlet terbaik yang memperoleh medali berkesempatan mewakili Sumatera Barat diajang SOIna tingkat nasional yang bakal diselenggarakan di Kota Makasar dari 21 hingga 27 Juni mendatang.

Panitia Pelaksana Drs. Rafli Effedi, M. Pd menerangkan, Bagi daerah yang meraih juara umum I Porprov Soina 2014, gelaran yang dibentang sekali empat tahun ini, pemerintah Provinsi Sumatera Barat memberikan Piala lepas dan medali bagi pariah juara di lima cabang olahraga yang dipertandingkan, Bocce, Tenis Meja, Bulu Tangkis, Atletik dan Renang.( M )