Lantik Pj Wali Kota Payakumbuh, Gubernur Apresiasi Payakumbuh Jadi Kota Segudang Prestasi

Lantik Pj Wali Kota Payakumbuh, Gubernur Apresiasi Payakumbuh Jadi Kota Segudang Prestasi

Berita Utama Dedi Oscar Adams, M.I.Kom.(DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN STATISTIK) 23 September 2022 20:09:16 WIB


Gubernur Sumatera Barat, Buya Mahyeldi melantik dan mengambil sumpah jabatan,  Rida Ananda, MSi, Sebagai Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh, menggantikan Riza Falepi yang habis masa jabatannya sebagai Wali Kota pada 23 September 2022. Acara serah terima tersebut dilaksanakan di Auditorium Gubernuran Sumbar, Jl. Sudirman, Padang, Jumat (23/9/2022) siang. 

Acara pelantikan tersebut juga dibarengi dengan Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Kota Payakumbuh yang dilantik oleh Ketua TP PKK Provinsi Sumbar, Ny. Harneli Mahyeldi kepada Ny. Elfriza Rida sebagai Ketua TP PKK dan Ketua Dekranasda Kota Payakumbuh, sesuai dengan SK Keputusan Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Barat Nomor 22/KEP/PKK.PROV/IX/2022.

Beberapa Kepala/Wakil Daerah dan Kepala OPD terlihat hadir dalam pelantikan tersebut. Hadir juga Anggota DPR-RI Fraksi Partai Demokrat, Rezka Oktoberia, Kapolres Payakumbuh, AKBP. Alex Prawira serta Dandim 0306/50 Kota, Letkol. Inf. Moch. Denny.

Gubernur Sumatera Barat dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas lima tahun kepemimpinan Wali Kota dan Wakil Wali Kota periode sebelumnya 2017 - 2022 Riza Falepi dan Erwin Yunaz yang telah memberikan kontribusi luar biasa bagi pembangunan Payakumbuh. 

"Kita bisa saksikan Kota Payakumbuh merupakan kota utama di Sumbar dengan banyak prestasi, seperti pelayanan perizinan yang telah diakui oleh Kementerian BPKM serta penataan wilayah menjadi indah dan lebih bersih," ungkap gubernur. 

Orang nomor satu di Sumbar tersebut juga memuji Kota Payakumbuh sebagai kota layak anak, serta pembangunan infrasturktur yang sangat pesat. Pada tahun 2021 Kota Payakumbuh masuk empat besar kota di Indonesia yang mempunyai pelayanan kinerja publik terbaik. Untuk wilayah Sumatera, kualitas layanan Terpadu Satu Pintu (PTSP)  dan Percepatan  Pelaksanaan Berusaha (PPB) untuk Kota Payakumbuh belum ada tandingannya. 

"Kualitas pelayanan publik di kota ini dipastikan transparan dan terukur serta tidak ada lagi pungut-memungut biaya. Ini tentu patut untuk menjadi kebanggaan, bagi semua aparatur dan tentunya masyarakat," ujar gubernur bangga. 

Gubernur juga berpesan kepada Pj Wali Kota Payakumbuh yang baru dilantik untuk meneruskan dan menyukseskan prestasi dan pembangunan Kota Payakumbuh selama periode jabatannya. 

Tidak hanya Gubernur, ungkapan harapan juga disampaikan oleh Wali Kota Payakumbuh sebelumnya, Riza Falepi. Menurut Riza, selama ini Rida Ananda sudah dikenal masyarakat Payakumbuh sebagai pejabat yang mengayomi dan komunikatif. 

"Saudara Rida Ananda adalah ASN dan Birokrat senior di Payakumbuh, ia dulu pernah jadi Camat, Kepala Bappedda, hingga Kepala Dinas di berbagai OPD Kota Payakumbuh pernah ia jajali, mudah-mudahan pilihan Mendagri tidak salah, Insya Allah," ujar Riza. 

Di kesempatan tersebut juga ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang memberikan dukungan selama ini memimpin Kota Payakumbuh selama dua periode. (Via/MMC) 

 

Diskominfotik Sumbar.