Wakil Gubernur Sumbar : Chatib Sulaiman Layak Jadi Pahlawan Nasional

Berita Utama TITA SHANIA(Badan Kesatuan Bangsa dan Politik) 29 Januari 2019 08:18:12 WIB


Pada Minggu (20/01), Wakil Gubernur (Wagub) Sumbar, Nasrul Abit, mengatakan bahwa pejuang Sumbar, Chatib Sulaiman panyas diperjuangkan menjadi pahlawan nasional. Hal ini dikatakan oleh Wagub dalam acara bedah buku dan pengusulan pejuang Chatib Sulaiman menjadi pahlawan nasional menjadi di ruang Dilo Telkom, Padang. 

Wagub juga menambahkan bahwa bila ditelusuri sejarah, kita dapat mengetahui bagaimana sosok Chatib Sulaiman berjuang untuk kemerdekaan Indonesia, dalam perjuangan Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) pada 22 Desember 1948 - 13 Juli 1949. Sebagaimana diketahui, sejarah mencatat perjuangan PDRI mempertahankan kemerdekaan NKRI dibawah pimpinan Sjafroeddin Prawiranegara pada rentang Desember 1948 - Juli 1949. 

Chatib Sulaiman gugur bersama 68 pejuang kemerdekaan lainnya di nagari Situjuah, Lima Puluh Kota, Sumbar dalam upaya mempertahankan keemrdekaan republik Indonesia. Wagub berharap seminar ini dapat merumuskan langkah langkah yang dapat mengantarkan pejuang Sumbar tersebut mendapat gelar pahlawan nasional.

Selain itu, ketua Yayasan Chatib Sulaiman, Sudarman Khatib Dt Babangso pada kesempatan itu mengatakan, seminar nasional merupakan kegiatan dari yayasan ini yang juga merupakan upaya mengenang 70 tahun gugurnya Chatib Sulaiman pada peristiwa Situjuah yang merupakan mata rantai perjuangan PDRI.

Semua ini merupakan bentuk penghormatan kepada perjuangan Chatib Sulaiman, dan juga sebagai upaya untuk mengingatkan kembali generasi muda akan sejarah heroik Chatib Sulaiman

Turut hadir dalam seminar tersebut yakni Wakil Bupati Lima Puluh Kota, keluarga pejuang Chatib Sulaiman,Ketua MSI Sumbar, dan Ketua DHD 45 Sumbar.