Gubernur : Mengenang Jasanya, nama Jalan PDIKM, Letjen Purn Bustanil Arifin,SH

Berita Utama Sub Bag. Sarana dan Prasarana(Sub Bag. Sarana dan Prasarana) 13 Februari 2014 12:28:14 WIB


Padang Panjang------Pemberian nama Letjen Purnawirawan Bustanil Arifin,SH Pada ruas jalan simpang Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minang (PDIKM) merupakan hal sangat pantas karena di samping dapat mengenang jasa sosok Bustanil Arifin kelahiran Padang Panjang kata Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno Ketika pemberian nama jalan di PDIKM Padang Panjang, Kamis (13/2).

Lebih lanjut disampaikan Irwan Prayitno, banyak suri tauladan yang dapat kita contoh sosok Bustanil Arifin, Ia merupakan seorang tokoh nasional yang patut pula kita perjuangkan menjadi pahlawan nasional ke pemerintah pusat.

Disamping itu buat generasi muda perlu kita pelajari biografinya beliau, ia merupakan seorang agamawan yang punya karakter, alim dan intelektual yang luar biasa. Seorang Butanil Arifin menjadi seorang tokoh melalui proses panjang, punya lingkungan yang baik atasnya jasa pula kita abadikan namanya melalui nama jalan di Padang Panjang, ujar gubernur.

Wagub Muslim Kasim selaku ketua badan pemurnian sejarah sumatera barat mengatakan kita mengapresiasi Pemko Padang Panjang dan Raden Ajeng Suhardini beserta keluarga beliau yang berkenan datang serta memfasilitasi pemberian nama jalan terhadap sosok Bustanil Arifin, ini suatu bukti atas ketokohan beliua, akan tetapi di daerah lain juga kita perlakukan seperti ini seperti baru baru ini pemberian nama jalan BIM yaitu jalan Sutan M Ryasid.

Pemberian nama jalan Bustanil Arifin kita gagas sejak mantan wako Suir Syam dan di tindak lanjuti Wako sekarang Hendri Arnis. Ide seperti ini tidak saja pemberian nama jalan akan tetapi museum Bustanil Arifin, ungkap Wagub.

Ditambahkan sosok Bustanil Arifin seorang yang ulet memberikan contoh pada keluarga.

Hadir pada kesempatan itu, sesepuh Sumatera Barat Azwar Anas, keluarga besar ahli waris Raden Ajeng Suhardini Arifin Wagub Muslim Kasim, Wako Padang Panjang Hendri Anis, wawako Padangg Panjang, SKPD Dilingkungan Kota Padang Panjang, Forum Komunikasi daerah Padang Panjang. Kadinas Sosial Provinsi Sumatera barat Gafar, Kabiro Humas Irwan.

Ikut memberikan sambutan mantan menteri perhubungan sesepuh sumatera barat Aswar Anas dikatakannya, perjuangan sosok Bustanil Arifin cukup perhatian yang sangat serius bangsa termasuk kota padang panjang sendiri. Berkat kegigihan beliau adanya PDIKM, membantu INS Kayu Tanam dan sebagainya.

Raden Ajeng Suhardini Arifin, ia mendorong pemberian nama jalan Bustanil Arifin di Kota Padang Panjang, karenanya dapat pula mengenang sejarah ketokohan seorang Bustanil Arifin yang merupakan suami tercintanya.

“Ini apresiasi yang sangat luar biasa terhadap suami tercintanya, sehinga dapat mengenang jasa dan ketokohan seorang Bustanil Arifin” ungkapnya.

Pada kesempatan itu Raden Ajeng Suhardini juga memberikan santunan kepada panti asuhan. (Humas Sumbar)

“Kita bangga dengan sosok Bustanil Arifin, atas jasanya pula kita akan usulkan ke pemrintah pusat untuk di jadikan pahlawan nasional” kata Wako Padang Panjang. Pemberian nama jalan sepanjang 2 kilometer ini agar dapat mengenang jasanya sepanjang zaman