Gelar Rakor Penanganan Covid 19, Gubernur Minta Semua Pihak Cegah Penyebaran Virus

Berita Utama TITA SHANIA(Badan Kesatuan Bangsa dan Politik) 16 Maret 2020 15:35:47 WIB


Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menggelar rapat koordinasi penanganan penyebaran penyakit akibat virus corona (Covid 19) pada Senin (16/03) di Istana Gubernuran, Padang. Dalam rapat tersebut, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, meminta semua stakeholder berupaya mencegah penyebaran virus dan dirinya berharap tak ada kasus positif Covid 19 yang ditemukan di Sumbar.

Gubernur Sumbar juga mengatakan agar kabupaten/kota meningkatkan kewaspadaan terutama bagi kabupaten/kota yang berbatasan dengan propinsi lain, yakni Dharmasraya, Lima Puluh Kota, Pesisir Selatan, Pasaman Barat dan Pasaman. Lebih lanjut, Gubernur meminta kepada masing masing pemerintah kabupaten/kota agar mengeluarkan anggaran untuk penanganan Covid 19  yang dimasukkan ke dalam anggaran penanganan bencana alam atau biaya tak terduga.

Ia juga menambahkan bahwa berdasarkan Keputusan Presiden RI tentang Gugus Tugas Penanganan Covid 19, ditingkat provinsi perlu dibentuk gugus tugas yang diketuai oleh Kepala Pelaksana BPBD, begitu juga dengan kabupaten/kota dan dikukuhkan dengan Keputusan Kepala Daerah. Lebih jauh, Gubernur Sumbar pun meminta pada para pemberi berita agar memainkan peran humas dengan baik dengan memberikan informasi yang benar pada masyarakat sehingga tidak ada salah persepsi terhadap berita yang diinformasikan.

Rapat ini dihadiri oleh BPBD Sumbar dan unsur dinas kesehatan se- Sumbar juga pejabat berwenang di lingkungan pemerintah Provinsi Sumbar. Sebagaimana diketahui, hingga berita ini diturunkan, belum ada kasus positif Covid 19 yang ditemukan di Sumbar.