Amankan Lebaran, Polres Sawahlunto Dirikan Posko Pengamanan

Berita Utama TITA SHANIA(Badan Kesatuan Bangsa dan Politik) 31 Mei 2019 09:01:35 WIB


Polres Sawahlunto menurunkan 90 personel dan didukung 170 instansi terkait dalam pengamanan dan pelayanan Idul Fitri 1440 hijriah di Kota Sawahlunto. Selain itu, Polres Sawahlunto juga mendirikan tiga posko pelayanan, yakni di Waterboom Jalinsum, lapangan segitiga dan kawasan Kandi.

Kapolres Sawahlunto, AKBP Zamronny Wibowo mengatakan, selain personelnya dalam pengamanan Idul Fitri 1440 Hijriah, pihaknya juga dibantu aparatur gabungan atau instansi samping yang terdiri dari TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Damkar, Dinas Kesehatan, Dinas PU, PLN, BPBD, SPBU dan Pramuka.

Selain itu, sebut Zamronny, pihaknya juga telah memetakan sebanyak 24 titik daerah rawan longsor dan juga beberapa titik jalan yang rawan kecelakaan. Selain pengamanan, setiap personel yang bertugas nantinya juga melakukan akan kelancaran lalu lintas terutama pengaturan parkir di objek wisata.

Polres Sawahlunto juga melakukan pemantauan harga kebutuhan pokok di seluruh pasar yang ada. Yang juga menjadi catatan meningkatnya volume kendaraan yang melintas, banyaknya rumah yang ditinggal mudik yang sangat rentan terjadinya kasus hukum dalam hak ini kasus pencurian.

Pihaknya telah melakukan rapat koordinasi lintas sektoral, sebagai upaya untuk mensinergikan kesiapan dalam memberikan pelayanan yang profesional, modern dan terpercaya dalam pelayanan pengamanan, sehingga masyarakat dapat tenang menjalankan perayaan Idul Fitri dan ibadah lainnya, serta terhindar dari hal hal yang tidak diinginkan.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Sawahlunto Zohirin Sayuti berharap perayaan Idul Fitri nanti dapat berjalan lancar, aman dan damai. Pengamanan yang dilakukan selain sebuah kewajiban, juga sebagai ibadah jika dilaksanakan dengan ikhlas.

Momen Lebaran, di mana banyak masyarakat yang merayakannya dengan intensitas atau volume mobilisasi warga yang meningkat. Di sinilah tugas kita semua untuk mampu memberi rasa aman dan jaman bagi masyarakat yang merayakannya.

Mengingat volume masyarakat yang akan meningkat, Zohirin juga mengimbau agar semua persoalan kesehatan, rumah sakit, puskesmas, listrik, air bersih termasuk kebersihan lingkungan, diharap bisa diantasipasi dengan baik.