Samsat Sawahlunto Terima Penghargaan ISO 9001:2008
Berita Utama () 17 Desember 2015 12:04:08 WIB
SAWAHLUNTO, HALUAN — Perjuangan dan usaha yang dilakukan oleh UPTD Sistim Administrasi Manunggal dibawah Satu Atap (Samsat ) Kota Sawahlunto, untuk memberikan layanan yang berkualitas, bermutu dan memuaskan bagi wajib pajak kendaraan, membuahkan hasil.
Keberhasilan itu dibuktikan penerimaan sertifikat ISO 9001:2008 oleh Samsat Sawahlunto dari Lembaga Sertifikasi System Mutu PT. ICSM Indonesia.
Sertifikat itu diserahkan Direktur Utama PT. ICSM Indonesia. Nossa P Kurniawan, yang diterima langsung oleh Kepala UPTD Samsat Sawahlunto Hendi Yulfian SH.Msi, di Padang Senin (30/11).
Kepada Haluan Kepala UPTD Samsat Sawahlunto Hendi Yulfian mengatakan, keberhasilan yang diraih itu, tidak terlepas dari berbagai upaya yang telah dilakukan hingga saat ini, baik pembenahan internal maupun eksternal, seperti upaya internal meningkatkan koordinasi dengan mitra samsat polisi dan jasa raharja, dengan menganggap masyarakat penerima layanan sebagai teman, saudara sehingga tercipta pelayanan prima bersama.
Mengusung motto “Kami memang belum sempurna, tapi kami berusaha prima dalam pelayanan”, tidak sekedar menjadi syimbol dan pelafsannya saja, tapi menjadi kekuatan bagi Samsat Sawahlunto memberikan pelauanan terbaik untuk warga negara yang taat pajak ini.
“Adapun penilaian ISO 9001:2008 dilihat dari aspek waktu, standar operating prosedures (SOP). Kemudian ditambah wajib pajak tepat memberikan sejumlah uang juga tepat pembayarannya,” ujarnya.
Pencapaian IS0 9001:2008 tidak akan bisa bila masyarakat tidak nyaman dengan pelayanan samsat, jika pelayanan tidak ada peningkatan nantinya makan sertivikat ini bisa dicabut.
Pihaknya, konsisten untuk melakukan pelayanan prima kepada wajib pajak, justru ISO tersebut akan menjadi cambuk untuk terus konsisten dalam memberikan pelayanan, prosedur layanan yang jelas, waktu penyelesaian dan lainnya, sehingga dapat meraih kepercayaan masyarakat.
“Kita berikan pelayanan tanpa pandang bulu, tanpa melihat siapa yang dilayan.Melayani dengan hati, menganggap masyarakat sebagai teman atau saudara. Berawal dari komitmen ini palayanan Samsat Sawahlunto bisa berjalan dengan baik,” sebut alumni pasca sarjana UGM ini.