Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional, Masyarakat Sumbar Lakukan Simulasi Penyelamatan Diri

Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional, Masyarakat Sumbar Lakukan Simulasi Penyelamatan Diri

Berita Utama TITA SHANIA(Badan Kesatuan Bangsa dan Politik) 30 April 2018 14:34:48 WIB


Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional yang jatuh pada tanggal 26 April diperingati dengan melakukan simulasi penyelamatan diri pada saat terjadi gempa berskala besar.

Di Sumbar, pada Kamis (26/04), sejumlah instansi pemerintah, perusahaan, rumah sakit dan lainnya melakukan simulasi penyelamatan diri ini pada pukul 10.00 WIB. Simulasi diawali dengan dibunyikannya sirine peringatan dini tsunami, yang berbunyi apabila terjadi gempa dengan skala besar yang merusak bangunan.

Adapun tatacara penyelamatan diri pasca terjadinya gempa besar adalah :

1. Apabila terjadi gempa besar, dalam 3 menit lakukan penyelamatan diri dengan melindungi kepala.

2. Keluar dari bangunan bagi yang berada dalam bangungan dan dengan tertib menuju titik kumpul. Hindari benda benda yang akan menimpa. Jika berada di luar bangunan, maka duduk di tempat terbuka yang aman.

3. Cek keberadaan dan kondisi anggota keluarga/karyawan/siswa.

4. Jika anggota sudah lengkap, makan lakukan evakuasi ke Tempat Evakuasi Sementara (TES) atau menuju blue line tsunami safe zone, bagi yang berada di zona terdampak (zona merah).

5. Bila di TES telah diumumkan bahwa situasi sudah aman, maka simulasi dinyatakan selesai.

Perangkat daerah, sekolah, kantor swasta dan komunitas lalu melakukan evaluasi kegiatan dan kembali beraktivitas seperti biasa. Pelaksanaan simulasi ini berjalan tertib, lancar dan antusias di Sumbar.